Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prioritas Pembangunan Pada Desa Deli Tua Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Narti Sihombing STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.809

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, hal ini membawa pengaruh dalam segala bidang kehidupan. Penerapan teknologi informasi juga dapat dikembangkan dalam badan/instansi pemerintahan. Hal ini mampu membantu dalam mengembangkan serta menjalankan program-program badan/instansi tersebut supaya dapat bekerja lebih cepat dan tepat. Pembangunan desa merupakan suatu pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat desa dan juga pemerintah untuk perubahan tingkat kehidupan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam tahap pembangunan desa sering terjadi pembangunan yang tidak tepat sasaran, oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu untuk menentukan prioritas pembangunan pada Desa Deli Tua menggunakan metode WASPAS dengan cara mencari nilai bobot setiap kriteria, kemudian melakukkan proses perangkingan .Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis destop yang dapat membantu desa Deli Tua dalam mengambil keputusan terhadap penentuan prioritas pembangunan yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan.

References

T. M. Tumbel, “Analisis Bantuan Desa Terhadap Pelaksanaan Pembangunan Desa ( Studi Kasus Pada Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan ),†J. LPPM Bid. EkoSosBudKum, vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2014.

S. Barus, V. M. Sitorus, and D. Napitupulu, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

M. Sianturi, J. Tarigan, N. P. Rizanti, and A. D. Cahyadi, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Terbaik Pada SMK Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†no. 20, pp. 160–164, 2018.

M. Handayani, N. Marpaung, S. Informasi, and S. Royal, “IMPLEMENTASI METODE WEIGHT AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT ( WASPAS ) DALAM PEMILIHAN KEPALA LABORATORIUM,†vol. 9986, no. September, 2018.

P. Simanjuntak, “Penentuan Kayu Terbaik Untuk Bahan Gitar Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment ( WASPAS ),†vol. 5, no. 1, pp. 36–42, 2018.

M. Laia, P. Laia, and W. I. Safitri, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Dosen Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†pp. 130–134, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN