Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Siswa SMP Nurul Islam Indonesia Untuk Dikirim Mengikuti Lomba Pencak Silat Tingkat Kabupaten/Kota Menggunakan Metode Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationnelles (Oreste)

Authors

  • Rulita Sari STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.805

Abstract

SMP Nurul Islam Indonesia akan mengirim siswa sebagai perwakilan untuk mengikuti perlombaan pencak silat tingkat kabupaten/kota, untuk menjadi perwakilan tidak semua siswa diikutsertakan dalam perlombaan pencak silat, siswa yang diikutsertakan berasal dari anggota pencak silat berjumlah 15 anggota dan akan dipilih 3. Dalam mengambil keputusan, sekolah melakukan secara manual atau langsung serta tidak memperhatikan banyak hal dan terkesan pemilihan tersebut berdasarkan hubungan kedekatan (subjektif) sehingga keputusan yang diambil terkadang tidak konsisten, kurang tepat dan tidak objektif. Untuk mengambil keputusan menentukan siswa yang akan dikirim mengikuti lomba pencak silat dapat diselesaikan dengan menerapkan suatu ilmu pengambilan keputusan yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK dirancang untuk mendukung seluruh tahap pengambilan keputusan mulai dari mengidentifikasi masalah, memilih data, serta menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan. SPK ini menggunakan salah satu metode yaitu Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationnelles (ORESTE), merupakan metode yang dibangun untuk menyesuaikan kondisi dari sekumpulan alternatif berdasarkan kriteria, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan.Dari sistem yang dirancang dapat dilakukan proses perhitungan terhadap nilai alternatif berdsarkan nilai kriteria, dari proses perhitungan sistem menghasilkan nilai preferensi yaitu nilai akhir dari keputusan yang diurutkan dari nilai terendah ke nilai terbesar yang disebut perangkingan, sehingga hasil yang diperoleh yaitu nilai tertinggi dari perangkingan akan dipilih SMP Nurul Islam Indonesia untuk menjadi siswa yang akan dikirim mengikuti lomba pencak silat tingkat kabupaten/kota.

References

A. L. Belakang, “Zulfikar Ali Ridho, 2014 Pengaruh Penggunaan Media Visual Gerak Pada Pelatihan Jurus Nomor Tunggal Pencak Silat (Studi Eksperimen Pada Smk Al Khoeriyah) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu |perpustakaan.upi.edu,†2015.

C. Hidayat, D. Setiawan, P. Silat, and P. Budaya, “Jurnal Pengabdian Siliwangi PELATIHAN OLAHRAGA PENCAK SILAT SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN OLAHRAGA ASLI INDONESIA DAN MEWUJUDKAN PRESTASI ANAK PADA USIA Keywords : Pencat Silat , Cultural Preservation , Achievement , Early Childhood . Jurnal Pengabdian Siliwangi Volume 4 , Nomor 2 , Tahun 2018 P-ISSN 2477-6629 E-ISSN 2615-4773,†vol. 4, pp. 117–121, 2018.

S. Informasi et al., “APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TANAMAN OBAT HERBAL UNTUK BERBAGAI PENYAKIT DENGAN METODE ROC ( RANK ORDER CENTROID ) DAN METODE ORESTE BERBASIS MOBILE WEB OBAT HERBAL UNTUK BERBAGAI PENYAKIT DENGAN METODE ROC ( RANK ORDER CENTROID ) DAN METODE,†no. November 2016, 2017, doi: 10.21460/inf.2016.122.486.

A. Sinaga, A. Andri, M. Ilham, M. Fadly, and M. Irfan, “Pemilihan toko,†vol. 4, no. 2, pp. 145–152, 2018.

R. Nia, “Pencak silat,†pp. 1–8, 2015.

P. Studi and S. Informasi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ),†vol. 02, no. 02, pp. 109–118, 2016.

B. Prasetyo, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET INTERNET OPERATOR TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AHP ( ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ),†pp. 7–12.

A. Octavia, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan dengan Menggunakan Metode Oreste ( Studi Kasus : PDAM Tirta Deli Kab . Deli Serdang ),†vol. 6, no. 6, pp. 570–574, 2019.

F. A. Sianturi, B. Sinaga, P. M. Hasugian, T. Informatika, and S. Utara, “FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MACKING DENGAN,†vol. 3, no. 1, pp. 63–68, 2018.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN