Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Delivary Mesin Cetak 4 Warna SM52 Menggunakan Metode Certainty Factor Pada Percetakan Starpond

Authors

  • Muhammad Zulham Purba STMIK Triguna Dharma Medan
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma Medan
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.789

Abstract

Percetakan Starpond merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang percetakan yang ada di kota Medan. Perusahaan ini memiliki masalah kesulitan dalam pemanggilan teknisi yang menagakibatkan melonjaknya biaya operasional dalam perbaikan mesin cetak 4 warna SM52. Dalam mendeteksi kerusakan delivary mesin cetak 4 warna SM52 percetakan starpond harus menunggu konfirmasi dari teknisi dalam proses pemanggilan untuk perbaikan. Sehingga dalam penyelesaian ini percteakan starpond harus memiliki sebuah sistem dalam mendeteksi kerusakan delivary mesin cetak 4 warna SM52 untuk membantu operator dalam mendeteksi kerusakan delivary mesin cetak 4 warna SM52.Sistem Pakar adalah suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat melakukan penalaran seperti layaknya seorang pakar pada suatu bidang keahlian tertentu. Dengan memanfaatkan metode Certainty Factor yang digunakan untuk penyelessaian masalah mendeteksi kerusakan delivary, Certainty Factor merupakan kepercayaan dalam sebuah kejadian   (atau fakta atau hipotesis) berdasarkan bukti atau penilaian pakar. Certainty factor menggunakan suatu nilai untuk mengasumsikan derajat keyakinan seorang pakar terhadap suatu data.Certainty factor memberikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan nilai yang tertinggi dalam CF adalah + 1.0 (pasti benar atau Definity) dan juga nilai terendah dalam CF adalah -1,0 (pasti salah atau Definity not) nilai positif mempresentasikan terhadap derajat keyakinan. Sistem mendeteksi kerusakan delivary mesin cetak 4 warna SM52 yang telah dirancang akan membantu opertaor percetakan starpond dalam proses mendeteksi kerusakan delivary mesin cetak 4 warna SM52  sehingga dapat dilakukan penanganan  lebih cepat, serta dapat sedikit menghemat biaya operasional perbaikan.  

References

Muhammad Arhami, “Konsep Dasar Sistem Pakar,†2005.

D. P. Utomo and S. D. Nasution, “Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Toner Dengan Menggunakan Metode Case Based-Reasoning,†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 5, pp. 3–6, 2016.

T. S. Dkk, “Terminologi Certainty Factor,†2011.

A. A. Setiamy and E. Deliani, “SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING KERUSAKAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB,†vol. 2, no. 1, pp. 5–10, 2019.

A. A. Zain and E. Z. Astutik, “ANALISIS METODE CERTAINTY FACTOR DALAM SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT SAPI PEDAGING Kebutuhan konsumsi sapi pedaging di Indonesia sangat tinggi hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengkonsumsi daging sapi . Sapi juga merupakan hewan yang banya,†2018.

V. W. Sujarweji, Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS, 2019.

S. Hayong, “Gejala - gejala kerusakan delivery pada mesin cetak 4 warna SM52,†Medan, 2020.

S. Hayong, “Solusi kerusakan delivery mesin cetak 4 warna SM52,†Medan, 2020.

Downloads

Published

2021-12-30

URN