Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Siswa Yang Layak Dinyatakan Lulus Munaqasah Pada Program Tahfidz Qur’an Menggunakan Metode WASPAS di SMA Islam Plus Adzkia

Authors

  • Adilla Fitri STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.783

Abstract

Program Tahfidz Qur’an adalah salah satu program unggulan SMA Islam Plus Adzkia untuk menambah kecintaan siswa terhadap Al-Qur’an dan menumbuhkan karakter-karakter yang berakhlakul karimah, cerdas, serta menjadikan generasi rabbani yang berilmu dengan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaannya SMA Islam Plus Adzkia mempunyai beberapa kriteria-kriteria dalam menentukan siswa yang dinyatakan lulus Munaqasah Tahfidzul Qur’an. Dari beberapa kriteria tersebut siswa dapat dikatakan lulus ketika siswa sudah memenuhi kriteria tersebut. Dalam proses penentuan kelulusan, pihak sekolah mengeluarkan hasil Munaqasah 7 hari setelah Munaqasah. Sehingga tidak mudah bagi pihak sekolah dalam proses penentuan kelulusan siswa-siswinya yang menjadi peserta dalam Munaqasah Tahfidzul Qur’an. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka dibuatlah sebuah sistem informasi pada sistem pendukung keputusan untuk menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus Munaqasah pada Program Tahfidz Qur’an menggunakan metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Producut Assessment ) di SMA Islam Plus Adzkia. Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak SMA Islam Plus Adzkia dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus Munaqasah pada Program Tahfidz Qur’an menggunakan metode WASPAS(Weighted Aggregated Sum Producut Assessment)  dapat dilakukan lebih cepat, tepat dan terciptanya sebuah perangkat lunak yang bersifat transparansi, efesien, dan akurat.

References

A. I. W. Dini Indriani, “Unified Modelling Language Menurut ( Prihandoyo , 2018 : 127 ): Unifield Modeling Language merupakan salah satu metode pemodelan visual yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan sebuah software berorientasikan pada,†Sist. Inf. Hafalan Terbaik Dalam Munaqosah Tahfizhul Qur’an Menggunakan Metod. Ahp, vol. 7, no. 1, pp. 1–11, 2019.

S. A. Herlina Sari, Irvan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Penerima Beasiswa Prestasi Peningkatan Akademik ( PPA ) Menerapkan Metode AHP dan WASPAS,†pp. 418–425, 2019.

R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,†J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018.

V. Amalia, D. Syamsuar, and L. Atika, “Komparasi Metode Wp Saw Dan Waspas Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Pmdk,†J. Bina Komput., vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2019.

K. A. Chandra and S. Hansun, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop Dengan Metode Waspas,†J. Ecotipe (Electronic, Control. Telecommun. Information, Power Eng., vol. 6, no. 2, pp. 76–81, 2019.

S. M. Panjaitan, S. O. Manik, and A. Fau, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menerapkan Metode WASPAS Untuk Menentukan Guru Bidang Kesiswaan,†pp. 614–619, 2019.

Downloads

Published

2022-07-21

URN