IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE MALAYSIA PADA PT. TEJA MUKTI UTAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA

Authors

  • Rahmad Ardiansyah STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.772

Abstract

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah Sebutan bagi warga negara indonesia yang bekerja keluar negeri Seperti Malaysia, Timur Tengah, Taiwan, dan Hongkong. Pengiriman tenaga kerja keluar negeri bukanlah fenomena baru di Indonesia. Kemiskinan dan tidak tersedianya lapangan kerja, khususnya di pedesaan. Sementara itu secara statistik, Jumlah laki-laki yang menjadi TKI masih lebih banyak dibandingkan perempuan. Selain itu juga dengan adanya peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi tentang asuransi teanga kerja Indonesia yang berada diluar negeri. Oleh karena itu perlu menggunakan alat pendukung keputusan untuk memetakan berbagai alternatif yang mungkin dapat mengatasi sebuah masalah yang dapat dilakukan dengan Data Mining, yaitu dengan metode Regresi Linier Berganda.Model regresi  linier berganda merupakan perluasan dari model regresi linier sederhana. Dengan memperluas model regresi linier dua atau tiga variable, maka model regresi dengan variable terikat Y dan k variable bebas X1,X2,X3,…,Xk..Data Mining memecahkan masalah dengan menganalisis data yang telah ada dalam database sehingga menghasilkan keputusan. Data Mining merupakan penambangan atau penemuan informasi baru dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah data dalam jumlah besar yang diharapkan dapat mengatasi kondisi tersebut.

References

K.Dua,D.Di,L.Timur,andN.T.Barat,“Dandampakpengirimantki:kasus dua desa di lombok timur, nusa tenggara barat*,†vol. V, no. 1, pp.15–39.

D. S. Terhadap et al., “Determinan Sosial-Ekonomi Terhadap Besarnya Remitan yang Dikirim TKI ke Daerah Asal di Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi.â€

R. J. Pratama, “DENGAN METODE ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA ( Studi Kasus di Wilayah Surakarta ),†vol. 1, no. 4, pp. 8–15, 2013.

A. Rivandi, E. Bu, and N. Silalahi, “DALAM ESTIMASI BIAYA PENCETAKAN SPANDUK ( STUDI KASUS : PT . HANSINDO SETIAPRATAMA ),†vol. 18, pp. 1–6,2019.

T. Inflasi, “DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PERAMALAN DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK,†no. October,2018.

W. Sulistiyowati et al., “Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 1, no. 2, pp. 82–89, 2017, doi: 10.21070/prozima.v1i2.1350.

Downloads

Published

2019-08-30

URN