Sistem Pendukung Keputusan Untuk Merekomendasikan Smartphone Sesuai Dengan Kriteria Pembeli Di Toko Sma Shop Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Messy Ananda Syahfitri STMIK Triguna Dharma
  • yohanni syahra STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.762

Abstract

Seiring perkembangan zaman khususnya di bidang teknologi. Saat ini gadget  atau Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer seluruh masyarakat. Hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menggunakan Smartphone, baik kalangan atas maupun kalangan menengah kebawah. Salah satu penyedia smartphone (ponsel cerdas) yang saat ini sudah berkembang adalah SMA Shop. Toko ini bertempat di JL.AH Nasution simpang Karya Wisata, dan banyak menjual berbagai macam smartphone (ponsel cerdas) yang terupdate. Pada toko ini tersedia berbagai merek smartphone (ponsel cerdas), mulai dari Vivo, Oppo, Xiaomi, Samsung, sampai Evercoss juga ada. Namun dikarenakan banyaknya pilihan smartphone (ponsel cerdas) yang disediakan, pelanggan seringkali merasa kebingungan memilih smartphone yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, terkadang apa yang disarankan oleh pihak toko, belum tentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelangganPada permasalahan yang dibahas, dapat menerapkan Sistem Pendukung Keputusan salah satunya ialah metode Morra dalam merekomendasikan Smartphone yang dijual. Dengan merekomendasikan smartphone bertujuan untuk membantu para pelanggan yang masi kebingungan dalam mencari smartphone yang tepat.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Moora yang dapat membantu pelanggan yang berkunjung ke toko SMA Shop dalam memilih Smartphone yang tepat dan sesuai dengan fitur yang mereka inginkan

References

E. Ningsih, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, 2017.

S. Manurung, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA," Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 1, 2018.

KliknKlik, "Pengertian Smartphone," 2019. [Online].

Intan Trivena Maria Daeng, "91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak," e-journal “Acta Diurna†, vol. 1, 2017.

S. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang," Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, 2014.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-30

URN