Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Daerah Rawan Narkoba Dengan Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Dewi Safitri STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.754

Abstract

Badan Narkotika Nasional (BNN) Deli Serdang merupakan sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Indonesia yang memiliki tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang pencegahan, pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol. Penyalah gunaan narkoba di Indonesia sudah sampai ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan, fakta di lapangan menunjukkan bahwa 50% penghuni LAPAS (Lembaga Permasyarakatan) disebabkan oleh kasus narkoba.         Narkoba menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh setiap negara. Termasuk negara Indonesia, narkoba sangat meresahkan bagi masyarakat dan memberikan efek negatif terhadap kehidupan masyarakat, terutama bagi para remaja.         Dengan itu maka penelitian ini diangkat dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Daerah Rawan Narkoba Dengan Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Pasda Badan Narkotika Nasional (BNN) Deli Serdangâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi yang mempermudah untuk menentukan suatu keputusan yang dapat membantu pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Deli Serdang dalam menentukan daerah rawan narkoba.

References

A. A. Hasibuan, “Narkoba dan Penanggulangannya,†Stud. Didakt. J. Ilm. Bid. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 33–44, 2017.

F. Eleanora, “BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA SERTA USAHA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGANNYA (Suatu Tinjauan Teoritis),†J. Huk., vol. 25, no. 1, pp. 439–452, 2011.

M. Ickhsan, D. Anggraini, R. Haryono, and S. H. Sahir, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 5, no. 2, pp. 97–102, 2018.

M. Sianturi, J. Tarigan, N. P. Rizanti, and A. D. Cahyadi, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Terbaik Pada Kuliah Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†Sensasi, vol. 10, no. 20, pp. 160–164, 2018.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

S. D. Anggadini, “Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan,†Maj. Ilm. Unikom, vol. 11, no. 2, pp. 176–187, 2013.

K. Metode, W. P. Saw, and D. A. N. Waspas, “Jurnal Bina Komputer,†vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2019.

Downloads

Published

2018-05-30

Issue

Section

Articles

URN