IMPLEMENTASI TEKNIK SIMPLEX PADA SISTEM OTOMATIS PENYIRAMAN BAGLOG JAMUR TIRAM MENGGUNAKAN RTC (REAL TIME CLOCK) BERBASIS MIKROKONTROLER

Authors

  • Yopie Simanjuntak STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Dedy Setiawan STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Milfa Yetri STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.751

Abstract

Jamur Tiram (pleurotus Ostreatus) merupakan jamur dengan ciri-ciri tubuh buah berwarna putih hingga berwarna krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran dimana tudung jarum mirip dengan cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Selama ini, penyiraman dilakukan secara manual. Akan tetapi, terkadang seorang petani jamur tidak punya cukup waktu untuk memnyiram tanaman. Oleh karena itu seorang petani jamur membutuhkan alat yang dapat membantu meringankan dalam melakukan penyiraman baglog. Alat penyiraman tersebut berupa sistem yang dapat bekerja secara otomatis. Dengan menggunakan alat ini diharapkan penyiraman baglog dapat dilakukan pada waktu dan saat yang tepat.Penelitian ini dilakukan dengan membuat suatu perangkat sistem pemyiraman baglog secara otomatis menggunakan mikrokontroler Atmega 168PA sebagai pengendali utama dan sensor suhu LM35. Sistem ini juga menggunakan Real Time Clock (RTC) 1307 sebagai pengaturan waktu dimana didalamnya seperti jam, menit, detik, hari, bulan dan tahun serta Liquid Crystal Display (LCD) sebagai penampil. Sistem penyiraman baglog yang telah dirancang dan dibuat dapat melakukan penyiraman secara otomatis. Apabila suhu yang terdeteksi termasuk kedalam kategori melebihi batas yang telah ditentukan, maka sitem dapat langsung bekerja menyiram baglog secara otomatis. LCD menampilkan waktu saat penyiraman dilakukan serta nilai suhu udara disekitar baglog yang akan.

References

I W K Teja Sukmana, "Restaurant Revenue Management," vol. 11, no. 2, 2016.

Jurnal Pelita Informatika, Volume 18, Nomor 1, Januari 2019".

Erni Setyaningsih, Dhidik Prastiyanto, and Dan Suryono, "Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertical Take-Off Landing (VTOL),".

"Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi UNIVRAB "Sistem Kontrol Perternakan Ikan Dengan Menggunakan Mikrokontroller Berbasis Android" VOL. 2 No. 1, Januari 2017 ".

Arifin Wahid Ibrahim*1, Triyogatama Wahyu Widodo2 , Tri Wahyu Supardi3 1 Prodi Elektronika dan Instrumentasi, Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA 2,3Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM"Sistem Kontrol Torsi pada Motor DC" IJEIS, Vol.6, No.1, April 2016, pp. 93~104 ISSN: 2088-3714.

Downloads

Published

2018-05-25

Issue

Section

Articles

URN