Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Baby Blues Pada Wanita Dalam Masa Nifas di Puskesmas Namorambe

Authors

  • Christanti Yosepha Malau STMIK Triguna Dharma Medan
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma Medan
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.750

Abstract

Baby Blues adalah Perasaan yang sangat sedih, lelah, dan khawatir dihari- hari setelah bayi lahir dan itu sangat normal. Baby blues dapat terjadi sejak hari pertama pasca persalinan atau fase taking in, cenderung akan memburuk pada hari ketiga sampai kelima dan berlangsung dalam rentang waktu 14 hari atau dua minggu pasca persalinan. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan di puskesmas namorambe, dokter di puskemas namorambe tidak selalu ada di puskesmas namoorambe akibat hal tersebut pasien terkadang tidak terlayani dengan baik.Dengan masalah tersebut maka di buatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit baby blues pada wanita dalam masa nifas dengan tujuan untuk membantu pihak puskesmas dalam mendiagnosa penyakit baby blues. Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit baby blues pada wanita dalam masa nifas sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi.  Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami oleh seorang pasien serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh seorang pasien tersebut dengan menggunakan metode certainty factor, sehingga dapat membantu puskesmas namorambe dalam menangani penyakit baby blues.

References

M. R. Putri Suci Wulansari, Erdi Istiaji, “Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Baby Blues, Proses Persalinan, Dan Paritas Dengan Baby Blues Di Rsia Srikandi Ibi Kabupaten Jember,†J. Japanese Soc. Pediatr. Surg., vol. 8, no. 2, pp. 255–256, 1972, doi: 10.11164/jjsps.8.2_255_5.

S. Mujilahwati, “Diagnosa Penyakit Tanaman Hias Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web,†Teknika, vol. 6, no. 2, p. 7, 2014.

H. Aksad and F. Aditya, “Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jutisi (Jurnal Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 67–74, 2019.

H. T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web,†J. Mantik Penusa, vol. 15, no. 1, pp. 16–23, 2014, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/161.

U. F. Puji Sari Ramadhan, “Mengenal Metode Sistem Pakar,†vol. 2018.

Downloads

Published

2021-09-30

URN