Sistem Pendukung Keputusan Rencana Kerja Pembangunan Desa Pada Program Musyawarah Perencanaan Pembangunan Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS) Di Desa Pagar Manik Kec. Silinda Kab. Serdang Bedagai

Authors

  • Nila Iranti Stmik Triguna Dharma
  • Marsono M Stmik Triguna Dharma
  • Elfitriani E Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.746

Abstract

Desa Pagar Manik Kec.Silinda Kab.serdang Bedagai memiliki kendala dalam permasalahan pemilihan Rencana Kerja Pembangunan Desa, diantaranya yaitu  menuai pro dan kontra di dalam masyarakat  dikarenakan tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat dan belum adanya sistem untuk memproses pemilihan tersebut, maka dalam pemilihan Rencana Kerja Pembangunan Desa masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara vote yang dilakukan oleh aparat Kantor Kepala Desa dengan kriteria yang telah ditentukan oleh kantor kepala desa yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan, hal ini mengakibatkan kurang efisiennya kegiatan seleksi Rencana Kerja Pembangunan Desa.Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pada Desa Pagar Manik terkait pemilihan Rencana Kerja Pembangunan Desa adalah Metode Additive Ratio Assesment (ARAS). Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pihak kantor kepala desa dalam pemilihan Rencana Kerja Pembangunan Desa.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya metode ARAS ini maka dihasilkan keputusan layak atau tidak layaknya Rencana Kerja Pembangunan Desa berdasarkan perhitungan dari kriteria - kriteria yang sudah ditentukan dan telah disempurnakan ke dalam sebuah aplikasi. Dari aplikasi ini diharapkan membantu pihak Kepala Desa dalam mengambil keputusan.

References

A. Mustanir and P. Abadi, “Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Di Kelurahan Kanyuara Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang,†J. Polit. Profetik, vol. 5, no. 2, pp. 247–261, 2017.

F. Fadil, “100976-ID-partisipasi-masyarakat-dalam-musrenbang 2013 fathur,†vol. II, pp. 251–262, 2013.

T. P. D. Y. Astuti, “Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Menyongsong Berlakunya Undang-Undang Nomor .6 Tahun 2014,†Univ. Setia Budi Surakarta., vol. 1, no. 6, pp. 1–14, 2015.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019.

H. Cristian, “Studi Tentang Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa Tahun 2013 di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa janan Kabupaten Kutai Kartanegara,†eJournal Pemerintah. Integr., vol. 3, no. 1, 2015.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi, 2007.

J. Afriany, “Penerapan Metode ARAS Guna Mendukung Keputusan Produk Unggulan Daerah,†vol. 1, no. 1, pp. 441–447, 2019.

Downloads

Published

2021-09-30

URN