SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KELENJAR ADRENAL MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Sella Kristiani STMIK TRIGUNA DHARMA
  • darjat saripurna STMIK TRIGUNA DHARMA
  • azlan a STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.742

Abstract

Kelenjar Adrenal adalah suatu penyakit yang terhida apabila adanya gangguan produksi hormon yang berlebihan atau terlalu sedikit (ketidak seimbangan) yang bisa diakibatkan infeksi, tumor, gen ataupun gangguan kelenjar lain yang mengatur kelenjar adrenal (mutasi kelenjar adrenal pitutari) yang terjadi dan masalah penyakit ini biasanya yang bersifat bawaan atau genetik. Didalam Sistem Pakar ada banyak Metode yang digunakan salah satunya ialah metode Teorema Bayes, Teorema Bayes digunakan untu menghitung suatu keputusan dan informasi yang tepat dan berdasarkan ovservasi yang telah dilakukan.Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu Dokter  didalam penanganan masalah pada penyakit Kelenjar Adrenal. Dengan konsep sistem pakar yang merupakan sebuah program yang mampu menganalisis permasalahan dan akan menghasilkkan kesimpulan dengan adanya proses pemindahan pengetahuan ahli ke dalam sistem.

References

F. J. Nababan, “Sistem Pakar Mendiagnosa Kelahiran Bayi Prematur dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 16, pp. 428–432, 2017.. 2016, pp. 79–84, 2016.

S. Azhar, H. Latipa, S. Leni, and N. Zulita, “Sistem Pakar Penyakit Ginjal Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining,†J. Media Infotama, vol. 10, no. 1, pp. 16–26, 2016.

G. A. D. Sugiharni and D. G. H. Divayana, “Pemanfaatan Metode Forward Chaining Dalam Pengembangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Televisi Berwarna,†J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 20, 2017.

N. A. Hutagalung, K. Kunci-:, M. Bayes, and S. Pakar, “Implementasi Metode Bayes Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Polio,†J. Sist. Inf. dan Komputerisasi Akuntansi), vol. 01, no. 02, pp. 26–30, 2015.

J. Nasir and J. Jahro, “Sistem Pakar Konseling Dan Psikoterapi Masalah Kepribadian Dramatik Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 37–48, 2018.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN