Implementasi Metode Fuzzy Logic Untuk Mengidentifikasi Kandungan Zat Formalin Pada Daging Ikan Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Ade Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • darjat saripurna STMIK Triguna Dharma
  • faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.730

Abstract

Formalin (Formaldehyde) merupakan senywaa kimia yang mempunyai manfaat begitu banyak, salah satunya ialah digunakan untuk mengawetkan jenazah disisi lain formalin (Formaldyhde) ini juga digunakan sebagai campuran bahan baku lem ataupun cat, saat ini formalin sudah jarang di perjual belikan di toko-toko yang menjual bahan kimia karena dikhawatirkan disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, akan tetapi walapun penjualan zat formalin dibatasi masih ada juga pedagang pasar yang manjual daging ikan yang mencapurkan bahan berbahaya tersebut kedalam ikan  agar labih awet dan tahan lama. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini bertujuan menguji kandungan zat formalin pada daging ikan dengan mengimplementasikan metode Fuzzy logic pada sistemnya agar dapat mengidentifikasi kandungan zat formalin pada daging ikan. Dengan memamfaatkan sensor gas MQ-2 dan MQ-8 , Mikrokontroler Atmega32A dan modul display, dan penerapan pemanas induksi pada alat ini  digunakan untuk mengeluarkan gas pada daging ikan yang telah dipanaskan agar dapat dideteksi oleh sensor gas. Setelah itu alat ini akan memberikan informasi pada tampilan layar LCD mengenai kandugan zat formalin yang terdapat pada daging ikan yang ditambakan zat formalin yang dijual di pasar.

References

N. Yulisa, E. Asni, and M. Azrin, “Uji Formalin pada Ikan Asin Gurami di Pasar Tradisional Pekanbaru,†J. Fak. Kedokt. Pekanbaru, vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2014.

M. S. S. Rian Al Fadli, Muh. Nuh Ibrahim, “Analisis Kandungan Zat Pengawet Formalin Pada Terasi Yang Diperdagangkan Di Pasar Tradisional Kota Kendari,†Sains dan Teknol. Pangan, vol. 1, no. 1, pp. 73–78, 2016.

S. Sensor, A. Asap, A. Tujuan, and S. Mq, “MQ 2 Sebagai Sensor Anti Asap Rokok ... (Mauludin dkk.),†Tek. Inform. Fak. Tek. Univ. Wahid Hasyim, pp. 260–265, 2016.

M. Ronaldo, “Alat Ukur Gas Hidrogen pada Air Menggunakan Sensor MQ-8,†2018.

I. Sofa, P. Studi, T. Elektro, F. Teknik, and U. M. Surakarta, “Kendali piranti aktuator pada peralatan mesin cuci mobil otomatis berbasis relay dan plc,†2017.

I. Zulkarnain, Z. Azmi, A. Pranata, and F. R. Hidayat, “Sistem Kendali Temperature dan Humadity Pada Kotak Penyimpanan Kamera DSLR Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Arduino,†vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2019.

R. Kurniawan, “Perancangan Alat Monitoring Arus Pada Circuit Breaker Dengan Menggunakan Sensor Acs712 Dan Tampilan Lcd,†I N F O R M a T I K a, vol. 10, no. 1, p. 12, 2018.

D. Adityawarman, O. Zebua, and L. Hakim, “Rancang Bangun Alat Ukur Arus Menggunakan Transformator Arus Berbasis Mikrokontroler Atmega32,†Electrician, vol. 8, no. 2, pp. 45–56, 2014.

U. B. Luhur and U. B. Luhur, “DAN KENDALI LOGIKA FUZZY PADA,†vol. 2, no. 1, pp. 212–218.

A. Triyanto and N. Nurwijayanti, “Pengatur Suhu dan Kelembapan Otomatis Pada Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Mikrokontroler ATMega16,†J. Kaji. Tek. Elektro Univ. Suryadarma Jakarta, vol. 18, no. 1, pp. 25–36, 2016.

A. Nurdianto, D. Notosudjono, and H. Soebagia, “Rancang bangun sistem peringatan dini banjir (early warning system) terintegrasi internet of things,†pp. 1–10.

N. A. Hsb, “PADA TANAMAN HIAS DENGAN MENGUNAKAN,†vol. 18, pp. 417–422, 2019.

Downloads

Published

2021-12-30

URN