RANCANG BANGUN ALAT UNTUK MENGUKUR VOLUME TANGKI AIR PADA DEPOT AIR MINUM MENGGUNAKAN TEKNIK SIMPLEX BERBASIS ANDROID

Authors

  • Irwanto I STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triga Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.719

Abstract

Pada usaha depot air minum atau air isi ulang masih banyak kita temui cara manual dalam melakukan suatu pekerjaan contohnya proses penglihatan isi didalam tangki air, dalam proses ini banyak dijumpai para pekerja depot air minum masih menggunakan tangga untuk membantu melihat isi dalam tangki tersebut apalagi tangki yang memiliki ukuran besar hal ini tidak efektif ketika suatu usaha depot air minum ingin mengembangkan usaha tersebut. Salah satu cara yang inovatif yang dapat dilakukan adalah untuk memonitoring batas pengisian air didalam tangki air adalah dengan membuat sistem berbasis teknologi yang dapat mendeteksi atau mengukur volume air yang ada didalam tangki air. Sistem ini nantinya akan dirancang menggunakan arduino uno sebagai unit prosesnya, sensor ultrasonik untuk mengukur volume air, bluetooth sebagai komunikasi datanya, buzzer sebagai output informasinya serta smartphone untuk memonitoring volume air. Sistem ini juga akan memberikan notifikasi pemberitahuan kepada pemilik usaha depot air minum melalui media android. Pengimplementasian sistem ini diharapkan dapat memonitoring batas pengisian air didalam tangki, sehingga mempermudah suatu pekerjaan didalam usaha depot air minum.

References

P. Mahardhika and A. Ratnasari, “Perancangan Tangki Stainless Steel untuk Penyimpanan Minyak Kelapa Murni Kapasitas 75 m3,†J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, p. 39, 2018.

H. Sanitasi, D. A. N. Jumlah, and A. I. R. Minum, “Hygiene Sanitasi Dan Jumlah Coliform Air Minum,â€

KESMAS - J. Kesehat. Masy., vol. 9, no. 2, pp. 167–173, 2014.

G. M. Hati, A. Suprayogi, and B. Sasmito, “Aplikasi Penanda Lokasi Peta Digital Berbasis Mobile Gis Pada Smartphone Android,†J. Geod. Undip, vol. 2, no. 4, pp. 26–40, 2013.

A. F. Silvia, E. Haritman, and Y. Muladi, “Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android,†Electrans, vol. 13, no. 1, pp. 1–10, 2014.

D. Sudarsana, “Optimalisasi Jumlah Tipe Rumah Yang Akan Dibangun Dengan Metode Simpleks Pada Proyek Pengembangan Perumahan,†J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 13, no. 2, 2009.

Abdul Tahir, “Otomatisasi Pengisian Tangki Air Dengan Visualisasi Menggunakan Pemmrograman Visual

Basik,†J. Ilm. Media Process., vol. 10, no. 1, p. 332, 2015.

D. Sudarsana, “Optimalisasi Jumlah Tipe Rumah Yang Akan Dibangun Dengan Metode Simpleks Pada Proyek Pengembangan Perumahan,†J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 13, no. 2, 2009.

M.Syahwil, “Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Mikrokontroler Arduino, Ed1, Yogyakarta, Andi Offset, 2013

H. Oktaria, “Alat Ukur Volume Air dengan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis ATMega 328P,†2018.

Limantara, Arthur Daniel Cahyo, YosefPurnomo, Setianto

Mudjanarko, Sri Wiwoho, "PEMODELAN SISTEM PELACAKAN LOT PARKIR KOSONG BERBASIS SENSOR ULTRASONIC DAN INTERNET OF THINGS ( IOT ) PADA LAHAN PARKIR DILUAR JALAN," J Teknik Sipil, Universitas Kadiri, Kediri., page 1-2, 2017

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN