PENERAPAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS) DALAM MENENTUKAN CALON PENERIMA SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Markus Haholongan Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono T STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.713

Abstract

Sistem Layanan Rujukan Dan Terpadu (SLRT) merupakan satu dari sekian program yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk  mengidentifikasikan kebutuhan masyarakat kurang mampu. Dengan adanya SLRT, masyarakat kurang mampu dapat terhubung dengan program-program pemerintah pusat sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Dikarenakan banyak nya minat warga yang ingin mengusulkan diri mereka, fasilitator mengalami kesulitan karena banyaknya data warga yang masuk dan  menyebabkan fasilitator kesusahan dalam menyeleksi warga yang berhak dan layak untuk di usulkan sesuai kriteria yang adaUntuk membantu Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang menyeleksi calon penerima SLRT dapat dilakukan dengan membuat sebuah sistem pendukung keputusuan  dengan metode ARAS.Dengan berhasil dibangunnya sistem pendukung keputusan untuk menentukan calon Penerima Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu, Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang sangat terbantu dalam menyeleksi tanpa perlu khawatir terjadinya menumpuknya data calon penerima SLRT.

References

Mesran, I. Saputra, And M. Ariska, “Penerapan Metode Promethee Ii Pada Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu ( SLRT ) ( Studi Kasus : Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang ),†Komik (Konferensi Nas. Teknol. Inf. Dan Komputer), Vol. I, Pp. 276–285, 2017.

H. Irawan, W. Sabardi, And Y. Nadya, “Evaluasi Basis Data Terpadu ( Bdt ) Penerima Bantuan Rumah Menggunakan Metode Fuzzy Saw Di Bappeda Provinsi Aceh,†Vol. 2, No. 1, Pp. 22–27, 2018.

S. W. Sari And B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode Aras,†Pp. 291–300, 2019.

Downloads

Published

2022-07-21

URN