E-HEALTHCARE DALAM PENANGANAN PENYAKIT IKAN ARWANA SUPER RED MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Ardi Candra Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.710

Abstract

Ikan Arwana Super Red (Genus Scleropages) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Kalimantan Barat tepatnya di Sungai Kapuas dan Danau Sentaru yang memiliki corak dan warna yang sangat indah. Ikan Arwana Super Red termasuk salah satu fauna yang langka dikarenakan harganya yang mahal, juga dalam hal perawatan dan pemeliharaannya membutuhkan perlakuan yang tidak mudah dikarenakan ikan Arwana Super Red mudah stres dan mati. Jadi, perlunya mendiagnosa penyakit pada Ikan Awana Super Red dan apa yang harus dilakukan dalam penanganan penyakit Ikan Arwana Super Red.Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka dibuatlah sebuah sistem aplikasi yang berbasis web, yaitu E-Healthcare Dalam Penanganan Penyakit Ikan Arwana Super Red Menggunakan Metode Dempster Shafer.Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu para penggemar dan pembudidaya ikan Arwana Super Red dalam mendiagnosa penyakit pada ikan Arwana Super Red dan juga mendapatkan solusi dari setiap penyakit yang diderita ikan Arwana Super Red.

References

K. S. Pambudi, T. Elfitasari, and F. B. Program, “ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN ARWANA (OSTEOGLOSSUM BICIRRHOSUM) DI PROVINSI JAWA TENGAH TENGAH (Magelang, Ungaran, Semarang),†J. Aquac. Manag. Technol., vol. 4, no. 4, pp. 95–100, 2017.

Momon and R.Hartono, Pembeniha Arwana. Jakarta: PT Penebar Swadaya, 2002.

A. D. Limantara, S. Winarto, and S. W. Mudjanarko, “Sistem Pakar Pemilihan Model Perbaikan Perkerasan Lenturberdasarkan Indeks Kondisi Perkerasan (Pci),†Semin. Nas. dan Teknol. Fak. Tek. Universtas Muhammadiyah Surakarta, no. November, pp. 1–2, 2017.

Minarni, I. Warman, and W. Handayani, “Case-Based Reasoning (CBR) pada Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Singkong dalam Usaha Meningkatkan Produktivitas Tanaman Pangan,†J. TEKNOIF, vol. 5, no. 1, pp. 41–47, 2017.

M. Hamid, A. Ibrahim, and F. M. Lausi, “Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Gizi Buruk Pada Anak Dengan Metode Dempster-Shafer Berbasis Web,†vol. 1, no. 2, pp. 79–85, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

URN