Rancang Bangun Papan Informasi Cuaca Berbasis ArduinoDan Visual Basic Menggunakan Teknik Simplex

Authors

  • Yudha Pratama Putra STMIK Triguna Dharma
  • Ishak I STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani E STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.702

Abstract

Informasi merupakan suatu data yang sudah diolah ke dalam sebuah bentuk yang bermanfaat bagi para penerimanya. Sering dialami ketika sedang berada di dalam gedung tertutup seperti auditorium, sehingga membuat peserta terkejut dikarenakan ketika peserta hendak keluar dari gedung ternyata cuaca berubah. Hal ini dikarenakan kondisi auditorium yang tertutup dan tidak adanya informasi tentang kondisi cuaca di luar auditorium.               Dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang mampu memberikan informasi terkait keadaan di luar auditorium, apakah kondisi diluar hujan, panas atau dingin. Sehingga peserta dapat mengantisipasi terkait kondisi di luar auditorium, seperti menyiapkan payung ketika hujan atau panas dan menggunakan jaket ketika suhu di luar dingin.                      Sistem papan informasi cuaca ini memiliki suatu aplikasi yang dimana sistem akan menampilkan sebuah informasi berupa tampilan dari kondisi cuaca di luar gedung auditorium yang akan sangat membantu bagi setiap peserta yang mebutuhkan informasi cuaca.

References

R. Asmara, “SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENANGGULANGAN BENCANA PADA KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PADANG PARIAMAN,†J. J-Click, vol. 3, no. 2, 2016.

Masdukil Makruf, “PREDIKSI CUACA DENGAN SENSOR SUHU DAN KELEMBABAN UNTUK PRAKIRAAN CUACA,†vol. 2016, no. Sehati, pp. 16–17, 2016.

J. Fateksa, N. Juli, S. Kendali, S. Dan, K. Ruang, and P. Prasetyoadi, “MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO DAN METODE LOGIKA FUZZY Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Nabire Papua,†vol. 1, no. 1, pp. 11–20, 2016.

I. M. A. Wijaya et al., “Prototipe Penggerak Atap Kanopi Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya , Sensor Hujan Dan Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroler ATMega16,†vol. 6, no. 1, pp. 105–110, 2019.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN