Implementasi (IOT) internet of things sebagai sistem kendali peralatan elektronik pada gedung berlantai berbasis NodeMcu

Authors

  • satria pratama STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah H STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.687

Abstract

Sebuah gedung berlantai selalu dilengkapi dengan peralatan elektronik untuk menunjang penggunaan gedung Untuk mengendalikan peralatan elektronik pada gedung berlantai selama ini masih dilakukan secara manual yakni digunakan dengan bantuan manusia. Cara ini dirasa kurang efektif karena memerlukan tenaga yang cukup besar apalagi luas gedung berlantai yang biasanya sangat besar. Internet Of things (IOT) dalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing†di dunia teknologi informasi. Sebagai sebuah solusi pada gedung berlanati diperlukan pengembangan sistem kendali jarak jauh yang dapat mengakses atau mengendalikan perangkat elektronik pada gedung dari jarak jauh menggunakan aplikasi blynk dengan berbasis Internet of Things. Data yang diterima dan dikirim lewat user akan masuk ke dalam sistem yang telah terintegrasi dengan perangkat NodeMcu sebagai pusat kendali dari seluruh sistem yang ada, sehingga memungkinkan user mengendalikan ataupun mengawas rumah dari jarak jauh dengan mudah dan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Alat ini akan memanfaatkan aplikasi blynk yang terhubung dengan interet untuk mengendalikan peralatan elektronik berupa led, fan dc, buzzer, dan lcd pada gedung berlantai. Keseluruhan sistem akan di kontrol menggunakan mikrokontroler NodeMcu yang memungkinkan sistem dapat memanfaatkan konsep internet of things..

References

M. R. A. Simanjuntak, “Identifikasi Variabel Penting Keandalan Bangunan Gedung Di Kota Serang,†J. Ilm. Media Eng., vol. 3, no. 3, pp. 185–193, 2013.

D. Setiadi and M. N. A. Muhaemin, “PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI (SMART IRIGASI),†J. Infotronik, vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2018.

D. Prihatmoko, “PENERAPAN INTERNET OF THINGS ( IoT ) DALAM PEMBELAJARAN DI UNISNU JEPARA,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 567, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.769.

Q. Aini, U. Rahardja, H. Madiistriyatno, and A. Fuad, “Rancang Bangun Alat Monitoring Pergerakan Objek pada Ruangan Menggunakan Modul RCWL 0516,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 41–46, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.13731.

I. C. Mauko, N. M. Setiohardjo, and F. P. Noach, “Pengembangan Website Unit Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Penerapan Jurnal Elektronik Berbasis Open Source Di Politeknik Negeri Kupang,†J. Ilm. Flash, vol. 3, no. 2, p. 100, 2017, doi: 10.32511/jiflash.v3i2.145.

Downloads

Published

2021-11-30

URN