SISTEM MONITORING DAN KENDALI OTOMATIS TAMBAK IKAN BERBASIS INTERNET OF THINGS PADA ARDUINO MENGGUNAKAN TEKNIK SIMPLEX

Authors

  • Edy Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani E STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.686

Abstract

Tambak merupakan salah satu jenis habitat yang dipergunakan sebagai tempat untuk kegiatan budidaya air payau yang berlokasi di daerah pesisir. Secara umum tambak biasanya dikaitkan langsung dengan pemeliharaan udang windu, walaupun sebenamya masih banyak spesies yang dapat dibudidayakan di tambak misalnya ikan Bandeng, ikan Nila, ikan Kerapu, Kakap Putih dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu seringkali para petambak mengalami gagal panen yang diakibatkan berbagai macam faktor, salah satunya akibat meluapnya air pada tambak. Salah satu implementasi yang dapat diterapkan adalah monitoring dan kendali otomatis pada tambak untuk mencegah air meluap. Dalam mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah sebuah sistem monitoring dan kendali otomatis tambak  yang mampu mencegah muluanya air pada tambak agar dapat meminimalisir kegagalan dalam panen. Sistem monitoring dan kendali otomatis tambak ini dirancang menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai pengontrolnya, sensor Ultrasonik sebagai pendeteksi level air, Buzzer sebagai indikator dan Pompa DC sebagai output serta menerapkan teknik simplex untuk komunikasi serial.Sistem monitoring dan kendali otomatis tambak ini memiliki suatu aplikasi yang dimana sistem akan menampilkan sebuah informasi berupa tampilan level air dari kondisi tambak dan akan mencegah meluapnya air pada tambak jika level air sudah mencapai batas yang telah ditentukan.

References

A. Setiawan, I. W. Mustika, and T. B. Adji, “PERANCANGAN CONTEXT-AWARE SMART HOME DENGAN MENGGUNAKAN,†vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

Arafat, “SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things ( IoT ) Dengan ESP8266,†vol. 7, no. 4, pp. 262–268, 2016.

R. L. Rumahorbo and A. Mansyur, “Konsistensi metode simpleks dalam menentukan nilai optimum,†vol. 3, no. 1, 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN