Rancang Bangun Security System Dan Monitoring Pada Celengan Menggunakan Teknik Simplex Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Indri Putri Ayu STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.677

Abstract

Celengan merupakan sebuah kotak akumulasi yang digunakan untuk menabung uang. Celengan biasanya ditujukan pada anak-anak agar belajar menabung dari usia belia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem keamanan pada celengan. Lebih tepatnya agar pemilik celengen lebih konsisten dalam menabung. Sistem ini menggunakan mikrokontroler arduino sebagai sistem kendali. Pada sistem ini akan menggunakan teknik simplex sebagai komunikasi satu arah dimana yang digunakan pada sistem ini adalah RFId tag sebagai media utama keamanannya untuk dapat membuka solenoid door lock yang sebagai pengunci atau pembuka pintu celengan dan RFId card-nya hanya dimiliki oleh pemilik celengan. Dan harus melakukan pendeteksian terlebih dahulu untuk dapat membuka celengan. Sistem ini dirancang menggunakan sensor ultrasonik yang berfungsi mengatur jarak antara objek dengan batas minimal sensor. Sistem ini menggunakan 2 output yaitu LCD dan buzzer. LCD sebagai serial monitor baik celengan sudah penuh ataupun belum penuh. Dan buzzer sebagai indikator yang berbunyi jika celengan sudah penuh.

References

A. Pranata, S. Pramana, and I. Faisal, “Rancang Bangun Penjemur Emping Melinjo Otomatis Berbasis Mikrokontroler Di Desa Sukamandi Hilir,†vol. 2, no. 2, pp. 41–49, 2019.

I. Zulkarnain, Z. Azmi, A. Pranata, and F. R. Hidayat, “Sistem Kendali Temperature dan Humadity Pada Kotak Penyimpanan Kamera DSLR Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Arduino,†vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2019.

Freeman, “metopel,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

J. Oliver, “Metode Penelitian,†Metod. Penelit., pp. 1–12, 2013.

Downloads

Published

2021-09-06

URN