IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS ( IOT ) PADA ALAT PENDETEKSI LEVEL KETINGGIAN AIR DI HULU SUNGAI SEBAGAI PERINGATAN DINI BANJIR MENGGUNAKAN NODE MCU

Penulis

  • Muhammad Hafiz Pahrul STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.675

Abstrak

Banjir adalah sebuah bencana  alam yang terjadi ketika aliran air  dari sungai maupun air hujan merendam daratan sehingga dapat menelan korban jiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan manusia. Banjir sendiri dapat dihindri dengan pindah lokasi atau tempat ketika masyarakat mendapatkan informasi peringatan banjir, Namun peringatan yang di informasikan harus dengan pemantauan kondisi air sungai atau kondisi musim hujan yang mungkin bisa menyebabkan terjadinya banjir, pemantauan yang dilakukan secara manual dengan melihat secara langsung ketinggian air sungai  sangat tidak efektif dan tidak efisien. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatlah sebuah sistem yang dapat memantau ketinggian air secara realtime dengan menggunakan IoT, Node MCU sebagai pengendali sistem, sensor ultrasonik sebagai pengukur tinggi air, dan software Blynk sebagai penerima informasi pada smartphone guna mengetahui peringatan akan banjir,  yang di buat guna memudahkan masyarakat dalam pemantauan ketinggian air dan mendapatkan informasi banjir melalui smartphone dengan menggunakan koneksi internet. Pembacaan sensor ultrasonic untuk mengetahui tinggi air sungai dan di tampilkan melalui indikator led yakni jika air rendah maka led 1 menyala dan jika ketinggian air sedang maka led 2 menyala dan jika ketinggian air tinggi maka led 3 menyala, Apabila sensor sudah mengetahui nilai ketinggian air sungai maka proses berikutnya sistem akan mengirim data informasi kepada smartphone melalui software blynk, kemudian blynk akan menampilkan data informasi ketinggian air. 

Referensi

L. Aini, Y. Pristiwandono, P. Studi, I. Keperawatan, U. Jember, N. Sehat, K. Kesehatan, J. Kalimantan dan N. 37 Jember, “SURVEI KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH TERHADAP BENCANA ALAM BANJIR BANDANG DI DESA KEMIRI KECAMATAN PANTI JEMBER (SURVEY OF FLOOD DISASTER PREPAREDNESS AMONG SCHOOL-AGE CHILDREN AT KEMIRI VILLAGE PANTI DISTRICT JEMBER),†NurseLine Journal, vol. 2, no. 1, 2017.

L. Utama dan A. Naumar, “SUNGAI (DAS) BATANG KURANJI KOTA PADANGâ€.

D. Setiadi, M. Nurdin dan A. Muhaemin, “PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI (SMART IRIGASI),†Jurnal Infotronik, vol. 3, no. 2, 2018.

Z. Budiarso dan A. Prihandono, “Implementasi Sensor Ultrasonik Untuk Mengukur Panjang Gelombang Suara Berbasis Mikrokontroler,†Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 20, no. 2, pp. 171-177, 2015.

M. Reza Hidayat, B. Septiana Sapudin, T. Elektro Universitas Jenderal Achmad Yani dan T. Elektro Sekolah Tinggi Teknik-PLN, “PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS IoT DENGAN NodeMCU ESP8266 MENGGUNAKAN SENSOR PIR HC-SR501 DAN SENSOR SMOKE DETECTOR,†vol. 7, no. 2, 2018.

D. Kurnia dan V. Widiasih, “IMPLEMENTASI NODEMCU DALAM PROTOTIPE SISTEM PEMBERIAN PAKAN AYAM OTOMATIS DAN PRESISI BERBASIS WEB,†vol. 11, no. 2, 2019.

O. H. Andi Adriansyah1 dan 2. S. T. E. 1, “Jurnal Teknik Elektro,†Jurnal teknik elektro, 2013.

H. Fitriyah dan G. Edhi Setyawan, “Sistem Pemantauan Menggunakan Blynk dan Pengendalian Penyiraman Tanaman Jamur Dengan Metode Logika Fuzzy,†2019.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles

URN