IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) SISTEM PENDETEKSI KUALITAS UDARA PADA DAERAH SEKITAR PLTU BERBASIS NODEMCU

Authors

  • Niko Sentosa Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.674

Abstract

Udara merupakan suatu sumber daya alam yang mempengaruhi kehidupan manusia serta makluk hidup lainnya. Ketergantungan makhluk hidup akan ketersediaan udara yang berkualitas, menuntut makhluk hidup khusunya manusia untuk selalu menjaga kualitas udara yang layak Pencemaran udara yaitu kondisi dimana kualitas udara menjadi rusak  dan terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Pada daerah sekitar PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) terdapat permasalahan yang cukup buruk tentang kualitas udara. Dimana  kualitas udara pada daerah sekitar PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) telah terjadi pencemaran udara yang disebabkan dari hasil pembakaran batubara. Diciptakan sebuah sistem yang dapat mendeteksi dan memonitoring kualitas udara di sekitar PLTU. Sistem ini nantinya dapat memonitoring kualitas udara pada daerah sekitar PLTU dengan memanfaatkan sensor kualitas udara, sensor yang digunakan merupakan sensor MQ135 yang dapat mengetahui kualitas udara. Sistem ini juga menggunakan Website sebagai media untuk menampilkan hasil pembacaan sensor setelah data dari sensor dibaca dan diolah oleh kontroler berupa perangkat NodeMcu. Sistem ini diharapkan dapat membantu dalam memonitoring kualitas udara pada daerah sekitar PLTU. Selain itu, sistem ini juga diharapakan dapat membantu manusia untuk mencegah adanya penyakit yang ditimbulkan oleh gangguan pencemaran udara.

References

D. M. Pangesty, “Rancang Bangun Jaringan Sensor Nirkabel Untuk Pemantauan Kadar gas CO, CO2, dan Suhu Menggunakan Transmiter-Receiver NRF24L01+Berabasis Arduino.,†2019.

T. R. Dharmawan, B. Dirgantara, and S. M. Nasution, “Perancangan Dan Realisasi Sistem Sensor Pada Mobile,†2014.

L. Agustinus, “Rancang Bangun Prototype Pendeteksi Kadar Co Sebagai Informasi Kualitas Udara Berbasis Mikrokontroler,†J. Coding Sist. Komput. Untan, vol. 03, no. 2, pp. 44–53, 2015.

A. Sugianto, “Purwarupa Sistem Pemantauan Kualitas Udara secara Daring,†vol. 6, no. 2, pp. 248–257, 2014.

S. S. Ery Muchyar H., Asniati, “DETEKTOR GAS PENCEMARAN UDARA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 2560,†IOSR J. Econ. Financ., vol. 5, no. 1, 2016.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN