Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gangguan Pencernaan Pada Kelinci New Zealand White Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Fitri Utami STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.662

Abstract

Kelinci New Zealand White merupakan jenis kelinci yang paling diminati. Dalam mendiagnosa penyakit pihak kelinik hewan masih menggunakan cara yang manual sehingga menghambat pemeriksaan pada kelinci dan juga klinik hewan sering mengalami kendala dikarenakan dokter hewan jarang berada di lokasi, sehingga dapat menggangu proses diagnosa penyakit. Asisten dokter belum bisa mengatasi masalah penyakit gangguan pencernaan pada kelinciMaka diperlukan sebuah sistem pakar  yang dapat digunakan untuk membantu mendiagnosa dan memberikan solusi kepada asisten dokter atau pengguna dalam mengatasimasalah penyakit ganguan pencernaan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mendiagnosa penyakit gangguan pencernaan pada kelinci New Zealand White adalah  Dempster Shafer.Sistem yang dibangun dapat menghasilkan laporan dengan cepat dan telah disesuaikan dengan hasil perhitungan yang dilakukan dengan menerapkan metode Dempster Shafer sehingga hasilnya lebih akurat.

References

M. Widyaningsih, R. Gunadi, J. T. Informatika, and K. Tengah, “Dempster shafer untuk sistem diagnosa gejala pada penyakit kulit pada kucing,†vol. 7, no. 114, 2017.

A. De Firman and D. D. S. Fatimah, “Pengembangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kelinci Berbasis Visual Prolog,†J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 12, no. 1, pp. 1–7, 2016.

S. A. Putri and E. P. Saputra, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Awal Kanker Reproduksi Wanita Dengan Metode Certainty Factor,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 3, pp. 63–68, 2018.

D. Sianturi, G. Ginting, and R. K. Hondro, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit pada Kelinci dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 17, no. 1, pp. 277–282, 2018.

F. Rahmi Ras, H. Nelly Astuti, and B. Efori, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

M. D. Sinaga and N. S. B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 94, 2016.

Ashari and A. Y. Muniar, “Implementasi Model Backpropagation Dan Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Penyakit Pencernaan,†J. Inspir., vol. 6, pp. 148–156, 2016.

E. Marhaeniyanto, S. Rusmiwari, and S. Susanti, “Pemanfaatan Daun Kelor untuk Meningkatkan Produksi Ternak Kelinci New Zealand White,†Buana Sains, vol. 15, no. 2, pp. 119–126, 2017.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN