Penerapan Digital Signature Menggunakan Metode RSA Untuk Verifikasi Surat Keterangan Keaslian Ijazah SMA Swasta Bina Artha

Penulis

  • Erwin Vasi Waruwu STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.656

Abstrak

Dalam perkembangan teknologi yang begitu cepat, pemanfaatan jaringan internet meningkat pesat juga. Sehingga kejahatan dalam pemalsuan maupun penyadapan data tidak dapat dipungkiri. Salah satu dokumen penting yang sering dilakukan modifikasi atau pemalsuan adalah ijazah. Ditambah dengan permasalah yang dimana dalam setiap pengecekan ijazah membutuhkan waktu yang lama.Oleh sebab itu, SMA Swasta Bina Arha membutuhkan aplikasi yang dapat menjamin keamanan ijazah dengan melampirkan melampirkan surat keterangan yang di tanda tangani secara digital. Sehingga dapat memberikan keamanan terhadap tindakan modifikasi maupun pemalsuan ijazah. Sistem pengamanan yang diterapkan ialah penerapan digital signature menggunakan metode RSA. Sehingga dalam melakukan verifikasi surat keterangan keaslian  ijazah waktu yang diperlukan akan lebih efektif dan efesien.Hasil program yang dibuat menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis web dapat menimalisir modifikasi atau pemalsuan surat keterangan keaslian ijazah SMA Swasta Bina Artha. Selain itu juga memudahkan setiap instansi dalam menadapatkan infromasi ijazah dengan melakukan verifikasi surat keterangan keaslian ijazah SMA Swasta Bina Artha dalam penerapan digital signature menunggunakan metode RSA.

Referensi

M. G. Yunas, “Diduga Palsukan Ijazah SMA, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan,†2019. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/news/read/4080115/diduga-palsukan-ijazah-sma-anggota-dprd-probolinggo-ditahan.

R. A. Azdy, “Tanda tangan Digital Menggunakan Algoritme Keccak dan RSA,†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 184–191, 2016.

D. Pratama, “Implementasi Algoritma Rsa Untuk Pengamanan Data Berbentuk Teks,†J. Pseudocode, vol. 3, no. 1, pp. 44–49, 2016.

A. A. PERMANA and R. DESTRIANA, “PENGAMANAN TEKS MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA RSA DENGAN VERIFIKASI REALTIME BIOMETRIK MENGGUNAKAN OPENCV,†vol. 7, no. 2, 2018.

L. Lukman and A. Anto Tri Susilo, “Sistem Informasi Dan Verifikasi Pengolahan Data Guru Sertifikasi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas,†J. Ilm. Betrik, vol. 10, no. 03, pp. 150–160, 2019.

N. Wiyono and M. Hardjianto, “Pengamanan Email Menggunakan Algoritma RSA dan Digital Signature SHA-1 Berbasis Mobile,†vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2016.

R. Sadikin, Kriptografi untuk keamanan jaringan. 2012.

A. Pradipta, “Implementasi Metode Caesar Chiper Alphabet Majemuk Dalam Kriptografi Untuk Pengamanan Informasi,†Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 3, pp. 3–6, 2016.

M. Nasrun et al., “ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA ALGORITMA KRIPTOGRAFI SERPENT DAN AES PADA IMPLEMENTASI ENKRIPSI SMS DI PERANGKAT ANDROID ANALISYS OF COMPARATION BETWEEN CRYPTOGRAPHIC ALGORITHM SERPENT AND AES IN SMS ENCRYPTION ON ANDROID DEVICE IMPLEMENTATION,†vol. 2, no. 2, pp. 3511–3517, 2015.

A. Ginting, R. R. Isnanto, and I. P. Windasari, “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, p. 253, 2015.

A. H. Mansour, “Analysis of RSA Digital Signature Key Generation using Strong Prime,†Int. J. Comput., vol. 24, no. 1, pp. 28–36, 2017.

Diterbitkan

2021-09-07

Terbitan

Bagian

Articles

URN