Aplikasi Kriptografi Keamanan Dokumen Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dengan Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) Berbasis Web

Authors

  • vicky ulfa romyata sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.654

Abstract

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara adalah suatu instansi pemerintah yang mempunyai tugas serta ada beberapa urusan rumah tangga pemerintah daerah dan pembantuan di bidang perhubungan, khususnya di Sub Bagian Umum. Dalam hal ini permasalahan yang terjadi pada dinas perhubungan provinsi sumatera utara mempunyai isi data file dokumen yang sangat penting yaitu perihal mengenai informasi surat keputusan dalam proses pemindahan jabatan lama dan penugasan jabatan baru pada pegawai dinas perhubungan provinsi sumatera utara dalam bentuk format docx. Pegawai dapat melakukan kecurangan mengubah isi data dan melihat serta memodifikasi isi data file dokumen tersebut. Maka terjadinya kesalahan pemahaman informasi dalam proses pemberian pelaksanaan pemindahan jabatan lama dan penugasan jabatan baru pada pegawai dinas perhubungan provinsi sumatera utara. Dalam hal ini supaya bisa mencegah dan menangani tidak terjadinya permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sebuah sistem aplikasi keamanan data yang mampu mengamankan isi file dokumen dengan menggunakan teknik yaitu kriptografi. Algoritma kriptografi yang digunakan yaitu algoritma Advanced Encryption Standard. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem aplikasi keamanan dokumen  dinas perhubungan provinsi sumatera utara dapat menjamin isi data file dokumen informasi perihal mengenai pemindahan jabatan lama dan penugasan jabatan baru pegawai bersifat rahasia dalam bentuk chipertext dan tersimpan di database  dari pihak pegawai yang tidak berwenang.

References

A.S Rosa dan M. Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung. Informatika..

Arief, M., dkk. 2015. Kriptografi RSA Pada Aplikasi File Transfer Client-Server Based. Ilmu Komputasi Universitas Telkom Bandung.

Pabokory,. 2015. Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard..

Sadikin, Rifki. 2012. Kriptografi untuk Keamanan Jaringan : Mengenal Keamanan Jaringan, Dasar Matematika untuk Kriptografi, Kriptografi Klasik dan Modern, Implementasi dalam Bahasa Java Dll. Yogyakarta. C.V Andi Offset..

Sholeh, dkk. 2013. Mengamankan Skrip Pada Bahasa Pemograman PHP Dengan Menggunakan Kriptografi Base 64.

Soleh, Redi Taofik. 2007. VB 6.0 dan Navicat MySQL. Jakarta. PT.Flex Media Komputindo.

Sumandri, 2017. Studi Model Algoritma Kriptografi Klasik dan Modern: Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika.Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2018-05-25

Issue

Section

Articles

URN