PENERAPAN METODE K-MEANS UNTUK ANALISA PRESTASI SISWA BERDASARKAN DATA SISWA DI SMA SWASTA DELI TUA SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.650Abstract
Prestasi siswa diartikan sebagai penentu ukuran pengetahuan yang didapat dari pendidikan formal. Prestasi siswa merupakan kemahiran siswa dalam belajar, yakni dengan mengetahui fakta dan menginteraksikan pengetahuannya baik dalam bentuk lisan maupun tertulis, bahkan dalam kondisi ujian. Dari hasil penilaian yang dilakukan sekolah dapat mengetahui siswa-siswi yang memiliki prestasi baik dan dapat mengetahui prestasi yang kurang baik untuk menghindari potensi ketidaklulusan serta dapat mengetahui hal-hal dari kajian yang ingin dicapai. Dalam melakukan implementasi untuk mendapatkan penilaian tersebut menggunakan konsep Data Mining dengan Algoritma K-Means. Konsep dalam algoritma ini akan membentuk kelompok dengan 5 keadaan yaitu keadaan sangat baik, baik, cukup, kurang dan gagal. Hasil dari implementasi yang dilakukan akan dirancang dalam bentuk pemrograman berbasi Visual Basic. Sehingga dapat membantu pihak sekolah melakukan peningkatan dalam proses belajar mengajar siswa, karena mengetahu analisa prestasi siswanya.Downloads
Published
2021-10-30
Issue
Section
Articles