Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Tenaga Ahli Counting Palm Oil Arcgis di PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS)

Authors

  • Yuli Artati STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.644

Abstract

Tenaga Ahli Counting Palm Oil merupakan salah satu karyawan yang bertugas dalam menghitung pohon kelapa sawit dari hasil pemetaan udara. Dalam proses perhitungan kelapa sawit yang menjadi tujuan utama yaitu mengetahui jumlah pohon kelapa sawit, mengetahui situasi di kebun, mengetahui jumlah rata-rata produksi kelapa sawit dan rata-rata pembiayaan kepala sawit serta pemeliharaan infrastruktur.Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem informasi terkomputerisasi yang interaktif mendukung pengguna dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah dalam cara yang terstruktur dan logis berdasarkan fakta-fakta ilmiah. Untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan dalam menentukan kelayakan Tenaga Ahli Counting Palm Oil pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dibutuhkan sebuah metode yang merupakan salah satu metode yang ada dalam sistem pendukung keputusan yaitu Metode Additive Ratio Assesment (ARAS).Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dalam menentukan kelayakan Tenaga Ahli Counting Palm Oil dapat dilakukan lebih tepat, menghemat waktu sehingga terciptanya perangkat lunak yang bersifat transparansi, efisien, dan akurat dengan menggunakan sistem aplikasi berbasis web.

References

A. F. Nita Kumala Dewi, Soeb Aripin, Rivalri K Hondro, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Game Untuk Anak Usia 5-10 Tahun Menggunakan Metode ARAS,†Sainteks, pp. 635–642, 2019.

Mesran, J. Afriany, and S. H. Sahir, “Efektifitas Penilaian Kinerja Karyawan Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Menerapkan Metode Rank Order Centroid (ROC) dan Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., no. September, pp. 813–821, 2019.

S. Ridha, Georeferencing Menggunakan ArcGis 10.1. Banda Aceh, 2018.

A. Harahap, M. Mesran, S. Ramadhan, and F. T. Waruwu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Ahli Pada Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang Menerapkan Metode Vikor,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 397–402, 2018.

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

D. Nofriansyah and Sarjon Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

N. a. H. T. R. Sitompul, “Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,†Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

N. A. H. Lia Ciky Lumban Gaol, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEAM LEADER SHIFT TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARAS STUDI KASUS PT. ANUGRAH BUSANA INDAH Lia,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 13, no. 1, pp. 16–21, 2018.

Downloads

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN