Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kelulusan Ujian PRA IGT External Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) Pada Sempoa SIP Titi Kuning

Authors

  • sundari ayu pratiwi STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.623

Abstract

            Sempoa SIP merupakan akronim dari Sistem Edukasi Mengoptimalkan Potensi Otak Anak, dimana Sempoa SIP adalah salah satu instansi yang bergerak dibidang pendidikan, terkhususnya suatu lembaga yang menyediakan wadah untuk masyarakat luas sebagai pendidikan informal. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pihak sempoa ialah Ujian Pra IGT External. Dimana instansi ini memiliki program memberikan Sertifikat kepada siswa-siswi yang lulus pada Ujian Pra IGT external tersebut.  Namun pada proses penilaian Kelulusan Ujian Pra IGT External tersebut belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi atau masih penilaian secara manual, sehingga dalam proses penilaian tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan hasil yang tidak efesien.            Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan Kelulusan Ujian Pra IGT External dengan tepat dan efesien. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah Additive Ratio Assesment (ARAS) yaitu dengan cara memecah permasalahan kedalam kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobot preferensi kriteria, sehingga menghasilkan nilai akhir pada setiap alternatif.            Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu instansi Sempoa SIP Titi Kuning dalam menentukan kelulusan Ujian Pra IGT External yang tepat sesuai dnegan pertimbangan dan perhitungan dan benar. Dimana, sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada instansi yang lain.  

References

I ketut Sudarsana, “PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN DALAM BUKU LIFELONG LEARNING : POLICIES , PRACTICES , AND PROGRAMS ( Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia ).â€

L. Mustika Dwi Cahyanti, “Pengaruh mental aritmatika sempoa terhadap kreativitas anak di sempoa kreatif kabupaten ponorogo,†pp. 1–94, 2017.

C. B. Lean, “Comparing Mathematical Problem Solving Ability of Pupils Who Learn Abacus Mental Arithmetic and Pupils Who Do Not Learn Abacus Mental Arithmetic,†pp. 1–8, 2005.

I. Subakti and W. B. Kushartanti, “Kebutuhan Dan Pengaturan Makan Selama Latihan, Pertandingan, Dan Pemulihan,†JJurnal Ilm. Teknol. Inf. Inst. Teknol. Sepuluh Nop., vol. 4, no. Management Support System, pp. 5–9, 2013.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†pp. 291–300, 2019.

Anas, “MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 4, no. 1, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN