Smart-Healthcare Dalam Mendiagnosa Penyakit Yang Umum Terjadi Pada Felis Catus (Kucing Domestik) Dengan Menerapkan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Lathifah Tsamratul Ain STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Suharsil S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.615

Abstract

Banyaknya peminat kucing domestik ini membuat pemilik harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya, karena kucing domestik juga tidak lepas dari virus dan penyakit yang dapat menyerang layaknya kucing ras. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan kondisi kucing yang mungkin mengalami perubahan-perubahan kondisi, baik secara fisik maupun emosional kemudian melakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Namun, keterbatasan waktu serta ketersediaan tenaga dokter hewan membuat keterlambatan penanganan pada kucing tersebut yang mengakibatkan penyakit semakin parah. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem pendiagnosa penyakit pada kucing domestik ini dengan mengimplementasikan sistem pakar.         Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “ Smart-Healthcare Dalam Mendiagnosa Penyakit Yang Umum Terjadi Pada Felis Catus (Kucing Domestik) Dengan Menerapkan Metode Teorema Bayesâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat membantu dokter hewan dalam mendiagnosa penyakit pada kucing domestik.Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi pengimplementasian Sistem Pakar dengan menggunakan Metode Teorema Bayes yang nantinya dapat membantu dokter hewan dalam mendiagnosa penyakit pada kucing domestik dan menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat.

References

WIKIPEDIA, “Kucing,†WIKIPEDIA. Google, 2019.

R. Ramadhan, I. F. Astuti, and D. Cahyadi, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia Menggunakan Metode Certainty Factor,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 263–269, 2017.

M. Syahrizal, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Mesin Alat Berat ( Beko ) Dengan Menerapkan Metode Teorema Bayes,†Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 23–33, 2018.

P. S. Ramadhan, “Sistem Pakar Pendiagnosaan Dermatitis Imun Menggunakan Teorema Bayes,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2018.

J. Nasir and J. Jahro, “Sistem Pakar Konseling Dan Psikoterapi Masalah Kepribadian Dramatik Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 37–48, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

URN