Smart-Healthcare Dalam Mendiagnosis Penyakit Akar Putih Pada Havea Brasiliensis Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • nurhayati siregar STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Purwadi S STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Usti Fatima Sari Sitorus Pane STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.608

Abstract

Tanaman mengalami masalah disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan yang secara tidak maksimal akibat jamur akar putih biasanya disebabkan karena adanya penyakit yang menyerang bagian akar tanaman. Faktor penyebab terjadinya penyakit akar putih dikarenakan lahan yang belum dibersihkan sebelumnya yang menjadi tempat untuk berkembangnya jamur.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk membuat aplikasi sistem pakar (smart-healthcare) yang berguna sebagai alat bantu dalam melakukan pengawasan dan pencegahan menggunakan metode menjadi alternatif awal untuk mengidentifikasi penyakit akar putih dan penyebabnya dengan menerapkan metode teorema bayes dan merancang sistem pakar (smart-healthcare) untuk mendiagnosis penyakit akar putih.Dari penelitian ini Smart-healthcare dirancang menggunakan bahasa pemrograman visual basic untuk mendiagnosis penyakit akar putih dengan menerapkan metode teorema bayes. Hasil dari penelitan ini adalah sistem pakar (smart-healthcare) yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan penyakit akar putih yang terjadi pada tanaman karet (Havea Brasilienis) dengan nilai probabilitas kemunculan dari setiap gejala penyakit.

References

Muharni and Hary Widjajanti, “Skrining Bakteri Kitinolitik Antagonis Terhadap Pertumbuhan Jamur Akar Putih (Rigidoporus lignosus) dari Rizosfir Tanaman Karet,†J. Penelit. Sains, vol. 14, no. 1, pp. 51–56, 2011.

Widi Amaria, Efi Taufiq, and Rita Harni, “Seleksi dan Identifikasi Jamur Antagonis Sebagai Agens Hayati Jamur Akar Putih Rigidoporus microporus pada Tanaman Karet,†J. Tanam. Ind. dan Penyegar - J. Ind. Beverages Crop. Res., vol. 4, no. 1, pp. 55–64, 2013.

Rina Miranda, Nelly Astuti Hasibuan, Pristiwanto, and Mesran, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Jamur Akar Putih (Riqidoporus Lignosus) Pada Tanaman Karet (Havea Brasiliensis) Dengan Metode Certainty Factor,†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 6, pp. 124–127, 2016..

A. S. Honggowibowo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web Dengan Forward Dan Backward Chaining,†TELKOMNIKA (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol.7, no. 3, p. 187, 2009.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017.

Arif. Wicaksana. Ganda Anggara, Gede Pramayu, “Membangun sistem pakar menggunakan teorema bayes untuk mendiagnosa penyakit paru-paru,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 79–84, 2016.

Verdi Yasin S.Kom, M.Kom. Y. Zulfian Azmi S.T, M.kom, “Pengantar Sistem Pakar dan Metode, 2017.â€

D. Putri, N. Nasir, A. Agustien, J. Biologi, and U. Andalas, “Journal of Biological Sciences,†vol. 6, no. 1, pp. 102–105, 2019.

Downloads

Published

2022-08-05

Issue

Section

Articles

URN