Smart-Healthcare dalam diagnosis Bug and Infection Elaeis Guineensis menggunakan pendekatan P (A|B) berbasis Metode Teorema Bayes

Authors

  • Nurul Asiyah Nst STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Widiarti Ristamaya STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ardianto Pranata STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.601

Abstract

Penyebab tanaman tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara tidak maksimal adalah hama dan penyakit (Bug and Infection). Biasanya disebabkan karena ada penyakit yang menyerang serta hama penganggu. Mengingat hama dan penyakit kelapa sawit adalah faktor penyebab terjadinya kerugian besar yang menyerang pekebunan-perkebunan kelapa sawit. Masalah yang menjadi titik tolak dalam pembuatan skripsi ini adalah bagaimana menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan metode bayes.Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah suatu program yang dapat membantu, yaitu Sistem Pakar (Expert System) dengan menggunakan metode Teorema Bayes program ini dibuat untuk membantu mendiagnosa gejala hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit (Elaeis Guineensis) beserta memberikan solusi.Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pengguna untuk melakukan diagnose terhadap penentuan jenis hama dan penyakit pada kelapa sawit menggunakan metode Teorema Bayes, sehingga memberikan hasil informasi dan  diagnosa yang dapat menunjukkan tingkat kepercayaan sistem terhadap penyakit tersebut dan saran atau solusi untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman kelapa sawit.

References

P. S. Ramadhan, “Sistem Pakar Pendiagnosaan Dermatitis Imun Menggunakan Teorema Bayes,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2018.

T. H. Sihotang, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Jagung Dengan Metode Bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 2, pp. 72–75, 2018.

E. Rahmawati, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining,†vol. 8, no. 2, 2016.

A. S. Honggowibowo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web Dengan Forward Dan Backward Chaining,†TELKOMNIKA (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 7, no. 3, p. 187, 2009.

I. Syaputra, “Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit gagal ginjal dengan menggunakan metode bayes,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. IV, no. 3, pp. 129–134, 2013.

R. Hasibuan, I. G. Swibawa, A. M. Hariri, S. Pramono, F. X. Susilo, and N. Karmike, “Dampak aplikasi insektisida permetrin terhadap serangga hama (Thosea sp.) dan serangga penyerbuk (Elaeidobius kamerunicus) dalam agroekosistem kelapa sawit,†J. Hama dan Penyakit Tumbuh. Trop., vol. 2, no. 2, pp. 42–46, 2002.

Y. Defitri, Y. Nengsih, and H. Saputra, “INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis. JACQ) DI KECAMATAN TEBO TENGAH KABUPATEN TEBO Yuza,†J. Media Pertan., vol. 2, no. 1, pp. 16–23, 2017.

Downloads

Published

2021-10-30

URN