Penerapan Metode Customer Satisfaction Index Dalam Mengukur Tingkat Pelayanan Perjalanan Wisatawan Asing di Travel Panorama Destination

Authors

  • Annisa Sholatul Fala Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.592

Abstract

Travel ini  menyelenggarakan Inbound Tour untuk destinasi – destinasi yang ada di seluruh wilayah Indonesia, khususnya destinasi tujuan di Sumatera Utara. namun yang terjadi selama ini travel panorama tidak tahu apakah wisatawan asing merasa puas atau tidak terhadap pelayanan yang telah diberikan, selama ini travel panorama hanya mengetahui kritik dan masukkan dari mulut ke mulut. Hal ini tentunya menjadikan permasalahan yang sangat penting, karena bisa jadi  wisatawan tersebut tidak memilih kembali lagi menggunakan jasa travel panorama.Untuk menghindari berkurangnya  wisatawan asing maka perlu adanya peningkatan pelayanan wisatawan dengan menggunakan menajemen pelayanan . Agar tujuan dari manajemen pelayanan terlaksana maka digunakanlah salah satu metode yang ada dimanajemen pelayanan, yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI).Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem berbasis web yang dapat membantu perusahaan Panorama Destination dalam mengukur tingkat pelayanan perjalanan wisatawan asing. 

References

F. Ramadhany and A. A. Ridlwan, “Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat,†Muslim Herit., vol. 3, no. 1, p. 157, 2018.

V. Devani and R. A. Rizko, “Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ) dan Potential Gain in Customer Value ( PGCV ),†J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 24–29, 2016.

D. M. I. Lulu Dian Anggraini, Panji Deoranto, “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Meode Importance Performance Analysis Dan Customer Satifaction Index,†J. Ind., vol. 4, no. 2, pp. 74–81, 2015.

N. Sulistiyowati, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua ( Mpn G2 ) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index ( Csi ),†vol. 14, no. 2, pp. 163–168, 2018.

ا. غلامرضا, “Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang,†no. 14010110120072, p. 300, 2016.

S. Indartono, Pengantar Manajemen : Character Inside. 2013.

N. Djafri, Manajemen Pelayanan ( Berbasis Revolusi Mental ). 2018.

E. Brahmanto, “Magnet Paket Wisata Dalam Menarik Kunjungan Wisatawan Asing ke Yogyakarta,†J. Media Wisata, vol. 13, no. 2, pp. 338–342, 2015.

R. A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Keempat. Bandung: Informatika Bandung, 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN