Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kelenjar Parotis Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Dwi Kartika STMIK Triguna Dharma Medan
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma Medan
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.570

Abstract

Article history:-Melihat kondisi kesehatan saat ini, tentu banyak menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan. Hal ini diakibatkan semakin banyaknya jenis penyakit yang dapat merusak tubuh manusia. Karena saat ini juga banyak sekali penyakit atau virus yang menular terhadap anak-anak maupun orang dewasa. Dengan kata lain penyakit itu bisa menyerang siapa saja dalam keadaan apapun.Kelenjar parotis belum banyak diketahui berapa banyaknya orang yang terkena penyakit tersebut. Apabila sudah terkena gejala seperti yang diatas, untuk mempermudah dan membantu masyarakat untuk mendiagnosa terkenanya penyakit kelenjar parotis atau tidak, maka dibutuhkannya implementasi sistem pakar dengan menggunakan metode certainty factor.Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi sistem pakar yang mengadopsi metode Certainty Factor yang mampu menjawab permasalahan yang ada dirumah sakit yang bersangkutan. 

References

A. Erindra, S. Rahman, and A. Hafiz, “Penatalaksanaan Karsinoma Mukoepidermoid Kelenjar parotis,†J. Kesehat. Andalas, vol. 7, no. 2, p. 297, 2018.

dr. T. Willy, “No Title,†9 Agustus 2019, 2019. [Online]. Available: https://www.alodokter.com/tumor-jinak-parotis.

I. H. Santi, B. Andari, T. Informasi, A. Negara, U. Islam, and B. Blitar, “Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor,†vol. 3, no. 2, pp. 159–177, 2019.

M. Z. Sukri, “Penanganan hama dan penyakit tanaman jeruk dalam desain sistem pakar diagnosis penyakit menggunakan metode euclidean distance,†Pros. Semin. Nas., pp. 146–154, 2016.

M. H. Qamaruzzaman and Sam’ani, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Teorema Bayes,†ijns.org Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 4, pp. 7–11, 2016.

A. Rido’i, R. Wardhani, and M. Masruroh, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Unggas Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Web,†Jouticla, vol. 2, no. 2, pp. 51–56, 2017.

J. S. Informasi, F. Ilmu, T. Informasi, and U. Gunadarma, “Aplikasi sistem pakar pendeteksi kerusakan pada smartphone 1,2,3,4,†vol. 2014, no. Sentika, 2014.

Downloads

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN