Sistem Pendukung Keputusan E-Recruitment Staff Front-End Programmer Di PT. Bungkus Teknologi Indonesia Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Tarmizi - STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Moch. Iswan Perangin-Angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.567

Abstract

            Untuk membuat interface yang baik dibutuhkan programmer yang handal, oleh karna itu CEO PT. Bungkus Teknologi Indonesia dalam hal ini mengalami kesulitan untuk merekrut programmer yang handal dan kompeten di bidangnya. Untuk mengatasi masalah ini di butuhkan sebuah sistem yang akurat yang bisa memberikan penilai layak atau tidak seseorang di angkat menjadi programmer.                Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) merupakan metode gabungan yang terdiri dari metode WP dan metode SAW, metode WASPAS ini diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam membantu penentuan sistem pendukung keputusan. Metode penilaian jumlah pengumpulan berbobot WASPAS adalah kombinasi unik WSM dan Metode WPM. Metode WASPAS digunakan untuk memecahkan berbagai masalah seperti di pembuatan keputusan, evaluasi alternatif dan seterusnya.                Dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan E-Recruitment Staff Front-End Programmer Di PT. Bungkus Teknologi Indonesia Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) diharapkan dapat membantu CEO PT. Bungkus Teknologi Indonesia dalam merekrut Front-End Programmer yang handal dan kompeten. 

References

Artika, R. (2013). Penerapan Analitycal Hierarchy Proccces(AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224. Jurnla Pelita Informatika Budi Darma, 4(3), 123–128.

Charolina, Y. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemberian Bonus Tahunan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tipe Mamdani (Studi Kasus Pada Karyawan Pt. Sunhope Indonesia Di Jakarta). Jurnal Teknologi Informasi, 12(2), 42–53.

Hartono, J. (2005). Analisis dan Desain Sistem. Jurnal Teknik Informatika, 3, 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.finel.2014.01.004

Hermanto, N. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Menentukan Jurusan Pada Smk Bakti Purwokerto. Teknik Informatika STMIK Amikom Purwokerto, 2012(Semantik), 52–62.

Ir. Yuni Sugiarti, M. K. (2013). Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Graha Ilmu, 30–45.

Nurdiyanto, H., & Meilia, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Lampung Tengah Menggunakan Analitical Hierarchy Process (Ahp). Semnasteknomedia Online, 4(1), 3-3–37. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1163

Sianturi, M., Tarigan, J., Rizanti, N. P., & Cahyadi, A. D. (2018). Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Terbaik Pada SMK Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ). (20), 160–164.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek (Edisi Revisi). Bandung: Informatika Bandung.

Downloads

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles

URN