Penerapan Algoritma Rivest Code 4 Untuk Kamanan Data Keuangan Pada PT. Panca Pilar Tangguh

Authors

  • Ari Marlina STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.547

Abstract

Teknologi komputer saat ini mengalami perubahan yang sangat signifikan dan terus berkembang. Sehingga sudah banyak sistem yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Namun, dalam setiap perusahaan pasti selalu ada oknum yang berpikiran untuk mengganti data dalam sistem untuk kepentingannya sendiri yang dapat merugikan perusahaan. Jadi dibutuhkan sebuah metode untuk mengamankan data tersebut agar data tersebut tetap aman. PT. Panca Pilar Tangguh adalah salah satu perusahaan yang harus menjaga data keuangannya. Dalam hal ini diperlukan sebuah sistem dalam pengamanan data yang dapat melakukan penyandian atau penyembunyian pesan yang berbasis komputer. Pengamanan ini dilakukan dengan menerapkan sebuah algoritma kriptografi yang bertujuan untuk mengenkripsi dan dekripsi sebuah pesan text. Algoritma kriptografi yang digunakan algoritma RC4 (Rivest Code 4).  Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem keamanan data keuangan dapat mengamankan data keuangan dengan sangat baik dan menghindari terjadinya penyalahgunaan atau manipulasi data oleh orang-orang yang tidak memiliki wewenang atas data tersebut.

Author Biography

Ari Marlina, STMIK Triguna Dharma

STMIK Triguna Dharma

References

Rinaldi Munir, Kriptografi, Kedua. Bandung: Informatika Bandung.

Martono, “Model Modifikasi Kriptografi Algoritma Rsa Untuk Keamanan Data Pada Database E-Voting,†J. Ilm. Media Sisfo, vol. 11, no. 2, pp. 896–910, 2017.

Sumarno, I. Gunawan, H. S. Tambunan, and E. Irawan, “Analisis Kinerja Kombinasi Algoritma Message-Digest Algortihm 5 ( Md5 ), Rivest Shamir Adleman ( Rsa ) Dan Rivest Cipher 4 ( Rc4 ) Pada Keamanan E-Dokumen,†JUSIKOM PRIMA (Junal Sist. Inf. Ilmu Komput. Prima), vol. 2, no. 1, pp. 41–48, 2018.

M. Diana and T. Zebua, “Optimalisasi Beaufort Cipher Menggunakan Pembangkit Kunci RC4 Dalam Penyandian SMS,†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, p. 12, 2018, doi: 10.30645/j-sakti.v2i1.52.

F. Danil, Z. Rohman, and Mufti, “Implementasi Kriptografi Pada Pngiriman Pesan Email Dengan Menggunakan Mtode RC4 Dan Blowfish Berbasis Web Paa PT.Dascom Jaya Sakti,†vol. 1, no. 2, pp. 788–793.

R. Y. Rifai, Y. Christyono, and I. Santoso, “Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Code 4, Rivest Shamir Adleman, Dan Metode Steganografi Untuk Pengamanan Berkas Rahasia Pada Berkas Teks Digital,†TRANSIENT J. IlmiahTeknik Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 86–91, 2016.

A. R. Wahid et al., “Implementasi Algoritma Rc4 Dan Kompresi Lzw Untuk Pengamanan Database Pada Pt . Mpp International,†vol. 1, no. 3, pp. 1045–1050, 2018.

W. E. Winanto, “Aplikasi Keamanan Email Data Produksi PT Kunyun Gravure Industries Indonesia Dengan RC4 Dan Base64,†vol. 1, no. 1, pp. 303–308, 2018.

Downloads

Published

2022-07-22

URN