Sistem Pakar mendiagnosa Penyakit gangguan Fisik dan Psikis akibat penggunaan Narkoba menggunakan Metode Theorema Bayes

Authors

  • Artina Br Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.537

Abstract

Fisik merupakan tubuh manusia, sedangkan Psikis adalah jiwa atau mental yang berhubungan dengan pikiran, akal yang mampu membedakan yang benar dan salah. Fisik dan Psikis saling berkaitan dan saling mempengaruhi karena keduanya berjalan bersama. Gangguan Fisik dan Psikis akibat penggunaan narkoba merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan gangguan utama dalam pikiran, emosi, dan perilaku.Sistem Pakar adalah suatu sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah. Dalam mendiagnosa penyakit gangguan Fisik dan Psikis akibat penggunaan narkoba dibutuhkan sebuah Sistem Pakar untuk mempermudah psikiater di klinik sempakata Dr. Herlina ginting agar memproleh hasil yang tepat dan akurat maka dibutuhkan sebuah Sistem Pakar dengan Metode Theorema Bayes.Adanya Sistem Pakar mampu memberikan kemudahan bagi klinik sempakata Dr. Herlina ginting dalam mendiagnosa gejala-gejala penyakit gangguan Fisik dan Psikis akibat penggunaan narkoba dengan Metode Theorema Bayes serta memberikan solusi dari hasil diagnosa penyakit tersebut.

References

A. W. Ganda Anggara, Gede Pramayu, “Membangun sistem pakar menggunakan teorema bayes untuk mendiagnosa penyakit paru-paru,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 79–84, 2016.

P. S. Ramadhan and U. F. S. Pane, “Analisis Perbandingan Metode ( Certainty Factor , Dempster Shafer dan Teorema Bayes ) untuk Mendiagnosa Penyakit Inflamasi Dermatitis Imun pada Anak,†Sains dan Komput., vol. 17, no. 2, pp. 151–157, 2018.

M. K. Anik Andriani, Pemrograman Sistem Pakar Konsep Dasar dan Aplikasinya Menggunakan Visual Basic 6, Cetakan pe. Jl.Cempaka Putih NO.8 Yogyakarta 55283, 2017.

L. Septiana, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ISPA DENGAN METODE CF BERBASIS ANDROID,†vol. XIII, no. 2, 2016.

Downloads

Published

2022-07-21

URN