SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI KARIES PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Junasti Sembiring Milala STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-Angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.536

Abstract

Gigi karies merupakan sebuah penyakit yang merusak lapisan gigi secara permanen dan membentuk lubang kecil pada gigi. Penyebab terjadinya gigi karies dapat disebabkan oleh berbagai hal, umumnya disebabkan kurangnya kebersihan gigi, mengkonsumsi makanan manis dan minuman manis.  Untuk mempermudah pakar dalam mengetahui penyakit gigi karies pada  manusia dan penanganan penyakit tersebut, maka dibangunlah sebuah sistem pakar dengan menggunakan metode Teorema Bayes yang berguna untuk mendiagnosa penyakit gigi karies pada manusia berdasarkan gejala yang tersedia.  Hasil dari aplikasi yang telah dirancang mampu memberikan kemudahan kepada pakar didalam mendiagnosa dan mengatasi penyakit gigi karies yang dialami berdasarkan gejala-gejala yang ada pada manusia.

References

F. Rahmi Ras, H. Nelly Astuti, and B. Efori, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

Z. Kharismadhan, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Inf. Technol. Telemat., pp. 175–178, 2015.

T. Syahputra, M. Dahria, and P. D. Putri, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Anemia Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. SAINTIKOM, vol. 16, pp. 285–294, 2017.

H. T. Sihotang, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 33–40, 2018.

A. D. Moelyaningrum, “Timah Hitam (Pb) dan Karies Gigi,†Stomatognatic (J.K.G Unej), vol. 13, no. 1, pp. 28–31, 2016.

Downloads

Published

2021-09-30

URN