RANCANG BANGUN SISTEM PENGISIAN DAN PENGHITUNGAN OTOMATIS GALON AIR MINERAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PWM (PULSE WIDTH MODULATION) BERBASIS MIKROKONTROLER

Authors

  • mhdaji ardana STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Darjat Saripurna STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Azlan . STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.535

Abstract

Bisnis isi ulang air mineral ini merupakan salah satu bisnis yang bersifat UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). Biasanya kita bisa membeli air mineral pada depot air minum, Persaingan bisnis yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman, menyebabkan banyak pelaku harus dapat mengatasi masalah yang dihadapi dengan cepat. Adapun permasalahan yang terjadi pada tempat proses pengisian air mineral seperti saat proses pengisian berlangsung terkadang ada air yang diisi berlebihan dan sering terjadinya kekeliruan petugas dalam pencatatan atau penghitungan jumlah galon yang sudah terisi yang mengakibatkan para pelaku usaha akan mengalami kerugian akibat air yang terisi terbuang percuma dan kekeliruan pencatatan atau penghitungan yang sering terjadi.Dengan adanya permasalahan tersebut maka diberikanlah suatu sistem pengisian dan penghitungan otomatis dengan menggunakan teknik PWM (Pulse Width Modulation) yang mengatur kecepatan pengisian dan berbasis mikrokontroler sebagai pengendali. Dengan adanya sistem pengisian ulang dan penghitungan diharapkan lebih mudah dan praktis yang sudah bersifat otomatisasi dan membuat proses pengisian menjadi lebih efektif.

References

Herdianto, M. Iqbal, Andisyah, and Supiyandi, “Perancangan Pengisian Dan Penghitungan Galon Air Otomatis Menggunakan Mikrokrotoler AT8535,†vol. 5, no. 1, pp. 18–23, 2018.

Irnawati, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Sistem Pemasaran,†Fakt. Exacta, vol. 8, no. 1, pp. 14–22, 2015.

T. Suhendra, A. Uperiati, D. A. Purnamasari, and A. H. Yunianto, “Kendali Kecepatan Motor DC dengan Metode Pulse Width Modulation menggunakan N-channel Mosfet,†J. Sustain. J. Has. Penelit. dan Ind. Terap., vol. 7, no. 2, pp. 78–85, 2018.

Downloads

Published

2018-04-25

Issue

Section

Articles

URN