Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penilaian Kinerja Kepala Desa di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Menggunakan Metode Weighted Sum Model (WSM)

Authors

  • saski adiola STMIK Triguna Dharma
  • Saniman S STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.505

Abstract

Belum tersedianya media atau sistem yang pasti dalam memproses penilaian kinerja Kepala Desa mengakibatkan adanya Kepala Desa lain yang merasa kurang puas dalam keputusan yang diambil dan merasa keputusan yang diambil merupakan keputusan sepihak yang diberikan oleh pihak Kantor  Kecamatan Babussalam, akhirnya hingga saat ini sudah tidak ada yang memproses penilaian kinerja Kepala Desa lagi.Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penilaian Kinerja Kepala Desa di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Menggunakan Metode Weighted Sum Model (WSM)â€. Penilitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem berbasis komputer yang dapat mempermudah Kantor Camat Babussalam untuk dapat mengetahui Kepala Desa yang layak dan telah memenuhi kriteria dalam penilaian kinerja Kepala Desa.Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Weighted Sum Model (WSM) yang nantinya dapat membantu Kantor Camat Babussalam dalam menentukan penilaian kinerja Kepala Desa dan menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat.Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penilaian Kinerja Kepala Desa di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Menggunakan Metode Weighted Sum Model (WSM)

References

Badan Pusat Statistik, “Indeks Pembangunan Manusia 2014 : Metode Baru,†2015.

A. Rahmawati and Y. Astuti, “Mengukur Indeks Kinerja Kepala Desa,†vol. 2, no. 1, pp. 28–34, 2018.

M. K. Gresik, “Kinerja kepala desa menurut jenjang pendidikan,†vol. 2, 2013.

F. Parhusip, D. Hartama, and Z. M. Nasution, “Penerapan Metode Wsm Pada Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Belajar Bahasa Inggris,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 238–241, 2018.

K. Dewi, “IMPLEMENTASI WEIGHTED SUM MODEL DAN LEAST SQUARE METHOD DALAM PEMBERIAN NILAI DUKUNG KELAYAKAN PENERBITAN BUKU STUDI KASUS : PENERBIT ANDI.â€

S. D. Nasution, A. P. Utama, D. Tetap, U. Pembangunan, and P. Budi, “PENERAPAN WEIGHTED SUM MODEL ( WSM ) DALAM PENENTUAN PESERTA JAMINAN,†no. 1, pp. 40–47, 2017.

T.-J. BD, “Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan Dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Yang Telah,†Standarisasi, vol. 9, no. 3, pp. 106–115, 2007.

A. S. Amin and M. A. Ramdhani, “Konfigurasi Model Untuk Sistem Pendukung Keputusan,†Maj. Ilm. Ekon. Komput., vol. 0, no. 0, pp. 11–19, 2013.

S. A. Nurhayati, “Analisis dan perancangan sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan struktural pada kantor inspektorat kota jambi,†Anal. Dan Peranc. Sist. Pendukung Keputusan Kenaikan Jab. Strukt. Pada Kant. Inspektorat Kota Jambi, vol. 3, no. 3, pp. 1176–1188, 2018.

D. M. Aristiyani, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI NASABAH PEMINJAM DANA DI BANK MANDIRI CABANG PRINGSEWU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW),†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2015.

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

M. Mesran, S. Suginam, S. D. Nasution, and A. P. U. Siahaan, “Penerapan Weighted Sum Model (WSM) Dalam Penentuan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 40, 2017.

“Sistem Pendukung Keputusan,†pp. 3–6.

A. Widayanto, S. Informasi, T. Komputer, and T. Informatika, “Rancang bangun aplikasi kategori bahasa untuk tuna wicara berbasis android 1),†vol. 5, no. 2, 2017.

D. P. S. Hum, B. Agus, and S. S. Iip, “Sistem operasi android,†2017.

Downloads

Published

2022-08-02

URN