Perancangan Sistem Safe Deposit Box Dengan Menggunakan Personal Identification Number (PIN), Radio Frequency Identity (RFID) dan Fingerscan Berbasis Arduino

Authors

  • Elisar H Sagala STMIK Triguna Dharma
  • kamil erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • guntur syaputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.488

Abstract

Safe deposit box merupakan kotak penyimpanan atau brankas untuk menyimpan apapun yang menurut penggunanya berharga seperti harta berupa uang, benda berharga berupa perhiasan atau emas, sertifikat rumah atau surat berharga, safe deposit box ini dirancang untuk menambah sistem keamanannya.Sistem keamanan yang digunakan dalam alat ini adalah keypad sebagai masukan pin, RFID (Radio Frequency Identification) sebagai sistem radiasi elektromagnetik untuk mengirimkan kode dan fingerscan sebagai media verifikasi dalam bentuk sidik jari manusia. Maraknya kasus pencurian/pembobolan disekeliling kita membuat kita tidak nyaman menyimpan barang-barang yang berharga di rumah, terbatasnya alat penyimpanan dirumah yang membuat masyarakat cenderung menyimpan barang-barangnya ke bank atau sejenisnya,  seperti yang terjadi dalam kehidupan kita bank juga sering terjadi pembobolan dikarenakan kunci yang digunakan dalam membuat keamanan masih berbentuk manual. Oleh karena itu penulis menciptakan sistem keamanan safe deposit box menggunakan keypad, RFID dan fingerscan. Dengan menggunakan 3 sensor sebagai penggerak selonoid untuk membuka safe deposit box membuat alat jadi susah untuk buka.

References

P. Promosi et al.,"Jurnal Administrasi Bisnis 2016 Jurnal Administrasi Bisnis 2016," pp. 1-7, 2016.

V. DAMAYANTI, "Pengertian dan Manfaat Adaptor/PowerSuply,"2017.

D. Untuk and M. Sebagai, “APLIKASI SAFE DEPOSIT BOX PADA PT . BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Oleh : ELISDAWATI JURUSAN EKONOMI ISLAM,†2012.

M. S. Anwar, A. Abdillah, D. Pembimbing, and F. T. Industri, Fingerprint Fingerprint Scanner Based Using. 2016.

R. S. Veronika Simbar and A. Syahrin, “Prototype Sistem Monitoring Temperatur Menggunakan Arduino

Downloads

Published

2022-07-22

URN