Penerapan Sistem Pakar Dengan Metode Naïve Bayes Untuk Diagnosa Panyakit SURRA Pada Sapi Ternak

Authors

  • Nurul Huda Pasaribu STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Purwadi P STMIK Triguna Dharma Medan
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.487

Abstract

Surra adalah penyakit pada sapi ternak disebabkan oleh protozoa darah atau Trypanosoma evansi. Trypanosoma evansi adalah parasit protozoa yang biasa berparasit pada hewan dan ternak khususnya sapi. Parasit ini hidup dalam plasma darah dan cairan jaringan vertebrata, hanya beberapa bisa hidup dengan masuk (menginvasi) sel. Hewan yang rentan terhadap penyakit ini adalah: unta, kuda, kerbau, sapi, kambing, domba, babi, bahkan anjing. Hampir semua mamalia reseptif meskipun tidak semuanya rentan, dan burung kemungkinan juga reseptif. Surra dapat menginfeksi manusia berdasarkan hasil serologi, bahkan pewarnaan Giemsa ulas darah dari pasien di India menunjukkan positif mengandung Trypanosoma . Berdasarkan masalah yang dibahas maka diperlukan suatu aplikasi berupa sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit SURRA pada sapi ternak dengan menggunakan metode naive bayes.Hasil dari penelitian ini adalah pertama, cara menerapkan permasalahan yang terjadi yang berkaitan dengan diagnosa penyakit SURRA pada sapi ternak dengan menerapkan metode naive bayes. Kedua , cara menganalisa gejala yang terjada untuk diagnosapenyakit SURRA pada sapi ternak dengan metode naive bayes. Ketiga, merancang apliksi  sistem pakar yang dapat diterapkan untuk diagnosa penyakit tersebut.

References

J. Ilmiah et al., “SISTEM PAKAR DIAGNOSA BIBIT UNGGUL SAPI DAN KAMBING DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),†vol. 3, no. 1, 2014.

M. K. DR. Kusrini, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. andi.

N. Wisnu, Penyakit Surra pada Hewan dan Ternak. 2017.

Zulfian Azmi, Kurniadi S “Implementasi Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa,†vol. 2, no. 1, 2018.

rossa, rekayasa perangkat lunak. 2018.

Bayes Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit PolioHutagalung, N. A., Kunci-:, K., Bayes, M., & Pakar, S. (2015). Implementasi Metode Bayes Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Polio. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputerisasi Akuntans,†J. Sist. Inf. dan Komputerisasi Akuntansi), vol. 01, no. 02, pp. 26–30, 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-30

URN