Decision Support System Penyeleksian Terhadap Supervisor Unggul Menggunakan Pendekatan Preference Selection Index (PSI) Pada PT. PLN (Persero) Delitua

Authors

  • Dwi Permata Sibarani STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.483

Abstract

Perusahaan Listrik Negara bergerak dalam mengurusi semua aspek kelistrikan. Didalam mengevaluasi tentang kinerja manajemen tingkat menengah dengan para bawahan maka dibutuhkan seorang supervisor yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas didalam perusahaan dan dapat menjadi supervisor yang berkompeten dengan tugasnya-tugasnya. Jika Supervisor yang lama sudah tidak bekerja lagi atau masa jabatannya sudah habis maka ditentukanlah kriteria-kriteria yang dapat menjadi supervisor unggul sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan perusahaan.Dalam menentukan bobot pada setiap kriteria yang ada untuk dimasukkan kedalam matriks keputusan sesuai dengan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Preference Selection Index yang bertujuan untuk memecahkan masalah multi kriteria pengambilan keputusan. Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu perusahaan PT. PLN (Persero) Delitua didalam penyeleksian supervisor unggul sesuai dengan kriteria yang diperlukan, lebih akurat dibandingkan dengan cara manual, dan menjadi bahan bagi pimpinan dalam mendata calon supervisor. Maka didalam penyeleksian supervisor metode preference selection index adalah metode yang cocok untuk dapat memecahkan permasalahan didalam penyeleksian supervisor unggul. 

References

N. Nusantoro, N. Nusantoro, and N. Nusantoro, Sebuah Panduan Menjadi Supervisor Yang Sangat Efektif. .

H. Susanto, I. Pendahuluan, A. S. P. Keputusan, P. Decision, and M. Matrix, “PENERAPAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUSU GYM,†vol. 13, pp. 1–5, 2018.

M. K. Siahaan, S. A. Hutabarat, and J. Afriany, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PEMBANGUNAN DAERAH MENERAPKAN METODE PREFERENCE SELECTION INDEX ( PSI ),†vol. 2, pp. 370–375, 2018.

N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI ( Preference Selection Index ),†pp. 263–269, 2019.

F. Syahputra, I. Lubis, and A. P. Windarto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU BERPRESTASI KOTA MEDAN MENERAPKAN METODE PREFERENCES SELECTION INDEX ( STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN KOTA MEDAN ),†vol. 2, pp. 147–155, 2018.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN