Sistem Pendukung Keputusan Menetukan Calon Biarawati Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On TheBasis Of Ration Analysis (MOORA)

Authors

  • Yohana Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.480

Abstract

Biarawati adalah perempua katolik yang dimana mereka lebih memilih untuk sepenuhnya melayani dan memilih untuk melajang. Dalam organisasi ini adanya pemilihan calon-calon biarawati yan dimana mereka mempunyai kriteria-kriteria yang diinginkan oleh pembina biarawati itu sendiri agar mereka yang mencalonkan sebagai biarawati ini dapat layak dan pantas untuk bergabung ataupun masuk kedalam lingkungan biarawati. Namun dalam proses pemilihan calon biarawati tersebut belum terkomputerisasi. Sehingga dalam proses penyeleksian tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efisien.Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun susatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan calon biarawati dengan tepat. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah adalah Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA) yaitu dengan cara memecah permasalahan kedalam kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobott preferensi kriteria, sehingga menghasilkan nilai akhir pada setiap alternatif.Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu pembina biarawati dalam menentukan calon-calon biarawati yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada organisasi yang lain.

References

B. Andika, H. Winata, and R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( Electre ),†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, 2019.

K. Safitri and F. Tinus Waruwu, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIEARARCHY PROCESS (Studi Kasus : PT.Capella Dinamik Nusantara Takengon),†vol. 1, no. 1, pp. 12–16, 2017.

A. Muharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, H. Nurdiyanto, and Yuhandri, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

M. K. Dicky Nofriansyah, S.Kom. and M. S. Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., MULTI CRITERIA DECISION MAKING(MCDM) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. 2017.

M. P. P. Sari and I. Setyawan, “PENGALAMAN MENJADI BIARAWATI KATOLIK: Studi Kualitatif Interpretative Phenomenological Analysis,†Empati, vol. 6, no. 1, pp. 287–290, 2017.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN