Penerapan Metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basic Of Ratio Analysis) Dalam Menentukan Pemilihan Bibit Pohon Meranti Yang Siap Reboisasi Di Hutan Lindung Pada DINAS KEHUTANAN PEMROVSU

Authors

  • ririn oktavia siahaan
  • Marsono Marsono
  • Ahmad Calam

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.478

Abstract

Hutan merupakan paru-paru bumi tempat berbagai satwa hidup, pohon-pohon, dan berbagai sumberdaya lainnya yang bisa didapatkan dari hutan. Salah satu tumbuhan yang ada dihutan, yaitu pohon meranti. Pohon meranti salah satu spesies flora tanaman hutan yang terancam punah habitatnya karena banyak diminati. Oleh karena itu habitat meranti perlu dilestarikan dengan melakukan pembibitan meranti yang baik dan layak untuk ditanam di kawasan hutan.Tetapi dalam pemilihan bibit masih mengalami banyak kendala karena kriteria penilaian untuk mendukung bibit yang layak dan berkualitas baik untuk ditanam.Dari permasalahan yang terjadi, dengan menggunakan penerapan metode MOORA (Multi Objective Optimazation On The Basic Of Ratio Analysis) dapat membantu dalam penyelesaian masalah yang terjadi dalam pemilihan bibit pohon meranti dengan mengolah data dari kriteriaa secara efektif sehingga menghasilkan data yang akurat dan tepat.Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu Dinas Kehutanan Pemrovsu didalam pemilihan bibit pohon meranti yang siap reboisasi sesuai dengan kriteria yang diperlukan, lebih akurat dibandingkan dengan cara manual, dan menjadi bahan bagi pihak dinas dalam mendata bibit pohon. Maka didalam pemilihan bibit pohon meranti metode MOORA adalah metode yang cocok untuk dapat memecahkan permasalahan didalam mementukan bibit.

Author Biographies

ririn oktavia siahaan

STMIK TRIGUNA DHARMA

Marsono Marsono

STMIK TRIGUNA DHARMA

Ahmad Calam

STMIK TRIGUNA DHARMA

References

Ri. Tamin Puspitasaru, “KEANEKARAGAMAN JENIS POHON PADATIPE EKOSISTEM HUTAN HUJAN TROPIS DATARAN RENDAH DI HUTAN KAMPUS UNIVERSITAS JAMBI MENDALO Rike,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.

N. W. Al-Hafiz, Mesran, and Suginam, “Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, no. 1, pp. 306–309, 2017.

K. Ari Andini,Gusnia Aryanti,Insnain Mawaddah, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ban Sepeda Motor Dengan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 2, no. 2, p. 162, 2018.

Assrani dkk., “Penentuan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2407–389X (Media Cetak), pp. 1–5, 2018.

S. Trials et al., “Uji spesies meranti (,†vol. 4, pp. 543–551, 2016.

Downloads

Published

2018-04-25

Issue

Section

Articles

URN