Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penyetokan Produk Di PT. Yummy Food Utama

Authors

  • Rahmat Sahputra STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.4762

Abstract

PT. Yummy Food Utama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi makanan dan minuman perusahaan ini memproduksi beraneka olahan susu seperti yoghurt dan keju. Pada saat ini, penikmat produk ini sendiri di Indonesia tidak hanya diminati dikalangan orang tua saja tetapi sudah masuk kejajaran usia remaja hingga dewasa. Hingga saat ini sudah banyak beberapa perusahaan yang berdiri di Indonesia dalam produksi produk (yoghurt). Di Kota Medan salah satu yang telah lama berdiri adalah PT. Yummy Food Utama, mereka juga memiliki pesaing dari beberapa perushaan lainnya juga. Salah satu yang menjadi permasalahan di perusahaan ini adalah dalam pengolahan data barang masih manual dengan menulis kedalam buku catatan, selama ini admin melakukan pengecekan barang setiap harinya untuk memastikan jumlah stok peritem barang. Proses pengecekan seperti ini memakan waktu yang begitu lama dan rentan akan kesalahan sehingga biasanya harus kerja dua kali atau bahkan lebih dalam perhitungan stok barang. Hal ini yang menyebabkan penumpukan barang pada gudang menjadikan barang yang masuk dan keluar tidak seimbang sehingga dapat mengakibatkan kerugian pada perusahaan.Berdasarkan pokok permasalahan yang terjadi, maka peneilitian dilakukan dengan menereapkan suatu bidang keilmuan yaitu sistem pendukung keputusan dengan metode Fuzzy Tsukamoto yang dapat diterapkan untuk menganalisis persediaan produk berdasarkan permintaan dan produksinya.Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat membantu.perusahaan PT. Yummy Food dalam penyediaan produk berdasarkan permintaan konsumen

Author Biography

Rahmat Sahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I.S. Rachman, A. V. S. Hubeis, and S. S. F. Motik, “Strategi Peningkatan Brand Loyalty dan Customer Satisfaction Bisnis Yogurt di Indonesia (Studi Kasus: PT Yummy Food Utama),†J. Apl. Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 324–333, 2017, doi: 10.17358/jabm.3.2.324.

R. Husaini, “Sistem Pendukung Keputusan Pengendalian Stok Barang Berdasarkan Penjualan 212 Mart Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,†vol. 7, no. 3, pp. 290–297, 2020.

M. Sholihin, N. Fuad, and N. Khamiliyah, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto,†J. Tek., vol. 5, no. 2 SPK, pp. 501–506, 2013.

M. A. Solihin, F. K. Dwinanda, and I. Agusti, “Coffee Cafe Berbasis Mobile Mobile-Based Stock-Processing Aplication on Hoax Coffee,†vol. 3, pp. 22–27, 2020.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

Downloads

Published

2021-12-03

URN