Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Baru Usaha Laundry Sepatu di BECKS Menggunakan Metode WP (Weighted Product)

Authors

  • Arya Permadi STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.4760

Abstract

BECKS merupakan salah satu usaha dibidang jasa yaitu laundry sepatu yang terletak di Jl. Karya wisata, Medan Johor. BECKS memberikan pelayanan cukup baik dengan mengutamakan kepuasan konsumen. Untuk dapat memperluas usahanya, pihak toko pada laundry sepatu berencana menambah lokasi baru usaha di lokasi lainnya disekitar daerah medan sehingga BECKS dapat dikenal dan memudahkan masyarakat yang ingin membersihkan sepatu dengan menggunakan jasa pada laundry ini. Penentuan lokasi baru usaha yang strategis dikarenakan bila lokasi usaha berada dekat tempat tinggal konsumen akan menjadi faktor yang mendukung untuk dibukanya sebuah usaha baru. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun sistem pendukung keputusan untuk membantu pemilik took Laundry BECKS. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah Weigthed Product (WP) yaitu dengan cara membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternatif terhadap nilai indeks keseluruhan alternatif optimal.

Author Biographies

Arya Permadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Kusnasari

STMIK Triguna Dharma

References

E. Nur Fu’ad, “Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Komplek Shopping Centre Jepara,†Media Ekon. dan Manaj., vol. 30, no. 1, pp. 56–67, 2015.

R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,†J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.101.

A. K. Nugroho, I. Permadi, and A. Hanifa, “Sistem Pendukung Keputusan Perekomendasian Oli Menggunakan Fuzzy Madm,†J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 63, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.22959.

Yoga Handoko Agustin and H. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : Stmik Pontianak),†Semin. Nas. Inform. 2015, pp. 177–182, 2015.

Darmanto, Furkonudin, and S. D. Kurniawan, “Implementasi Weihgted Product Pada Sistem Pendukung,†vol. 1, pp. 1–9, 2016.

Downloads

Published

2021-12-02

URN