Implementasi Data Mining Menentukan Pola Penjualan Produk Toko Perabot Dua Bersaudara Kutalimbaru Dengan Menggunakan Fp-Growth

Authors

  • Fahrul Rozi Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.4755

Abstract

Toko Perabot Dua Bersaudara Kutalimbaru merupakan salah satu industri furniture yang tiap tahun mengalami peningkatan karena memberikan desain interior dan nilai artistik dalam menunjang berbagai aktivitas. Peningkatan tersebut membuat data penjualan terus bertambah sehingga menyebabkan bertumpuknya data.Data Mining bisa digunakan oleh perusahaan besar untuk menggali data yang sangat besar untuk mendapatkan informasi yang dapat menunjang dan meningkatkan proses bisnis perusahaan tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sistem yang dapat membantu dalam menerapkan data untuk menentukan pola penjualan produk.Untuk itu dibuatlah aplikasi untuk menentukan pola penjualan produk Toko Perabotan Dua Bersudata Kutalimbaru dengan menggunakan metode FP-Growth. Pada aplikasi ini terdapat 25 transaksi dimana minimum support detentukan sebesar 16% dan confidence sebesar 45%.Toko Perabot Dua Bersaudara Kutalimbaru merupakan salah satu industri furniture yang tiap tahun mengalami peningkatan karena memberikan desain interior dan nilai artistik dalam menunjang berbagai aktivitas. Peningkatan tersebut membuat data penjualan terus bertambah sehingga menyebabkan bertumpuknya data.Data Mining bisa digunakan oleh perusahaan besar untuk menggali data yang sangat besar untuk mendapatkan informasi yang dapat menunjang dan meningkatkan proses bisnis perusahaan tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sistem yang dapat membantu dalam menerapkan data untuk menentukan pola penjualan produk.Untuk itu dibuatlah aplikasi untuk menentukan pola penjualan produk Toko Perabotan Dua Bersudata Kutalimbaru dengan menggunakan metode FP-Growth. Pada aplikasi ini terdapat 25 transaksi dimana minimum support detentukan sebesar 16% dan confidence sebesar 45%.

References

Wijaya, A. R., & Jananto, A. (2018). MENCARI POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH.

Failasufa, F. (2014). Penerapan Data Minning Untuk Analisis Pola

Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Studi Kasus Pamella Supermarket. Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Syahril, M., Erwansyah, K., & Yetri, M. (2020). Penerapan Data Mining untuk menentukan pola penjualan peralatan sekolah pada brand wigglo dengan menggunakan algoritma apriori. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), 3(1), 118-136.

Setyorini, S. G., Mustakim, M., Adhiva, J., & Putri, S. A. (2020, December). Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (p. 180).

Eska, J. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4. 5.

Utama, K. M. R. A., Umar, R., & Yudhana, A. (2020). Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Pola Pembelian Transaksi Penjualan Pada Toko Kgs Rizky Motor. Dinamik, 25(1), 20-28.

Setyo, W. N., & Wardhana, S. (2019). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Di Cv Cahaya Setya Menggunakan Algoritma Fp-Growth. Petir: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, 12(1), 54-63.

Astrina, I., Arifin, M. Z., & Pujianto, U. (2019). Penerapan algoritma FP-Growth dalam penentuan pola pembelian konsumen pada kain tenun Medali Mas. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 9(1), 32-40.

Hasugian, P. S. (2018). PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORTIMA K-MEANS (STUDI KASUS: TOKO USAHA MAJU BARABAI). Jurnal Mantik Penusa, 2(2).

INITIK, S. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER (SNITIK 2018). PUBLISH BUKU UNPRI PRESS ISBN, 2(4).

Ali Ikhwan, S. D. (2015). Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan (Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma). jurnal ilmiah saintikom, 211-226.

Ekawati, H., Widada, B., & Irawati, T. (2015). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Keluar Masuk Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan Polanharjo dengan Aplikasi Multi User. Jurnal Ilmiah SINUS, 13(2).

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 2(2), 64-77.

Ratumurun, S. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Permintaan Barang dari Gudang pada PT. Mauwasa Sejahtera Ambon. vol. IX, (1). Budiman, I., Saori, S., Anwar, R. N., Fitriani, F., & Pangestu, M. Y. (2021). ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DI BIDANG INDUSTRI MAKANAN (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10),

Downloads

Published

2021-11-30

URN