Implementasi Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Alopecia (kebotakan Rambut)

Authors

  • Abdul Haris Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi
  • Devri Suherdi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.4729

Abstract

Alopecia merupakan suatu keadaan hilang atau tidak tumbuhnya rambut kepala yang dapat terjadi pada wanita maupun pria. Pentingnya peran rambut secara sosial dan estetika mendorong berkembangnya industri obat dan kosmetik untuk rambut. Penyebab pasti alopecia areata belum diketahui. Tetapi diduga disebabkan karena berbagai faktor seperti faktor genetik dan imunologi, tekanan emosional, kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan hormonal, pasca kemoterapi atau radioterapi, agen infeksi, keabnormalan melanosit atau keratinosit, faktor neurologi, serta ada penelitian yang menyebutkan karena terjadinya mutasi keratin. Selama ini banyak penderita Alopecia yang belum menyadari dampak maupun tanda-tanda awal penyakit ini, kebanyakan penderita mengalami setelah lebih dari 50% rambut mereka rontok Untuk meminimalisir efek dari Alopecia  dan dalam menangani lebih cepat sehingga tidak berdampak ke tingkat yang paling parah. maka perlu adanya antisipasi dalam mengetahui penyakit ini agar dapat diobati dan ditangani sebelum memasuki tingkat yang sangat parah. Dalam beberapa literatur ternyata ada beberapa teknik dalam mendiagnosa penyakit Alopecia  diantaranya adalah Sistem Pakar dengan menggunakan Metode Dempster Shafer. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar yang dapat digunakan dalam mendiagnosa gejala awal pada penyakit Alopecia, sehingga penanganan yang dilakukan dapat lebih cepat.

Author Biographies

Abdul Haris Nasution, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi

Sistem Informasi

Devri Suherdi

Sistem Informasi

References

K. Santi, "EFEKTIFITAS PANAX GINSENG TERHADAP ALOPECIA," Jurnal Penelitian Perawat Profesional, vol. 2, no. 1, pp. 71-78, 2020.

A. Albaihaqi, "REVIEW: TANAMAN HERBAL BERKHASIAT SEBAGAI OBAT ANTIALOPECIA," Farmaka Suplemen, vol. 17, no. 1, p. 2017, 111-126.

S. Na'imah, "hellosehat.com," hellosehat.com, 24 11 2020. [Online]. Available: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/rambut-rontok/. [Accessed 22 06 2021].

K. E. Setyaputri, A. Fadlil and D. Sunardi, "Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT," Jurnal Teknik Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30-35, 2018.

M. D. Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. 2, no. 2, pp. 94-107, 2016.

Downloads

Published

2020-02-28

URN