sistem pakar untuk identifikasi kerusakan continuous variable transmission (CVT) sepeda motor yamaha nmax menggunakan metode certainty factor berbasis website (studi kasus: adi bedoel motor service)

Authors

  • Andreas Maslon Saragih STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Tiguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.4725

Abstract

Transmisi pada kendaraan sepeda motor ada beberapa jenis seperti transmisi manual, transmisi semi otomatis, dan transmisi otomatis. Transmisi otomatis pada kendaraan sepeda motor atau yang biasa dikenal dengan sebutan  Continuosly Variable Transmission (CVT). CVT adalah transmisi yang dapat membuat dapat merasakan kenyamanan karena pengendara hanya perlu menarik gas dan tanpa harus memindahkan transmisi, karena transmisi akan berpindah secara otomatis. Karena masih banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui kelemahan dari CVT kendaraannya, maka hal ini tentunya akan menghambat saat berkendara. Bagi orang awam tentunya sulit untuk menentukan apa yang terjadi pada kendaraannya, dia harus membawa kendaraannya ke bengkel atau service motor. Masalah lain muncul, jika posisi dia dekat dengan bengkel, maka tidak terlalu ada masalah, tetapi jika posisi dia jauh ini yang menjadi masalah. Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Sistem Pakar Untuk Identifikasi Kerusakan Continuous Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Yamaha Nmax Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website (Studi Kasus: Adi Bedoel Motor Service)â€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar akurat dan cepat. Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem berdasarkan gejala-gejala yang ada akan memberikan jawaban kerusakan sepeda motor. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu masyarakat dan mekanik

Author Biographies

Andreas Maslon Saragih, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Tiguna Dharma

Sistem Informasi

References

Catur Wuri Wijayanti, "Citra Mahasiswa Menggunakan Kendaraan: Studi Fenomenologi Mahasiswa UNS dalam Membangun Citra Menggunkaan Kendaraan Sepeda Motor," Jurnal Analisa Sosiologi, pp. 91-106, Oktober 2017.

Riski Bagus Prasetya, Sri Setyo Iriani, "PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI PRODUK YAMAHA NMAX (Studi Pada Komunitas Pemilik Sepeda Motor Premium Di Surabaya Pusat)," Jurnal Ilmu Manajemen, vol. IV, no. 3, pp. 1-8, 2016.

Andi Susanto, "ANALISISDAYA DAN TORSI SISTEM PENGGERAK CONTINUOSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) PADA SEPEDA MOTOR VARIO110," FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2017.

Sarwindah, Marini, "Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Gangguan Pernafasan pada Anak Menggunakan Metode CF (Certainty Factor)," Jurnal Komputer Terapan, vol. II, no. 2, pp. 159-168, November 2016.

Yuhandri, "Diagnosa Penyakit Osteoporosis Menggunakan Metode Certainty Factor," JURNAL RESTI, vol. I, no. 2, pp. 422-429, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN