Sistem Pakar Dalam Mediagnosa Penyakit Plasenta Previa Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Muhammad Ade Prima Fauzan Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4717

Abstract

Sistem pakar adalah bagian dari ilmu kecerdasan buatan yang secara spesifik berusaha mengadopsi kepakaran seseorang di bidang tertentu ke dalam suatu sistem atau program komputer terutama pakar dalam bidang ibu hamil.Kehamilan merupakan fungsi normal dari tubuh dan bagian dari fase kehidupan wanita, pada tahap tersebut terdapat kehidupan baru dalam tubuh seorang ibu berupa janin yang akan tumbuh menjadi bayi. Adapun masalah ketika ibu hamil  kondisi ketika ari-ari atau plasenta berada di bagian bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Selain menutupi jalan lahir, plasenta previa dapat menyebabkan perdarahan hebat, baik sebelum maupun saat persalinan yang disebut plasenta previa. Penderita plasenta previa yang ada pada pasien  ibu hamil yang memiliki ketidaktahuan akan bahaya dan apa itu plasenta previa, keluhan yang dirasakan pada ibu hamil dianggap hal yang wajar tanpa memeriksakan gejala yang dialami, hal ini memicu tingginya ibu hamil yang terdiagnosis plasenta previa.Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan  salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah Sistem Pakar. Dalam membangun Sistem Pakar dibutuhkan suatu metode, dan banyak metode yang terdapat sistem pakar salah satunya  Teorema Bayes. Teorema Bayes  merupakan  metode   penalaran  non monotonis   yang  digunakan untuk   mencari   ketidak konsistenan   akibat  adanya penambahan maupun pengurangan fakta baru yang akan merubah aturan yang ada.Hasil penelitian ini diterapkannya dapat hasil diagnosa dan nilai probabilitas ibu berdasarkan gejala klinis yang dialami pasien yang dapat diterapkan oleh klinik.

Author Biographies

Muhammad Ade Prima Fauzan Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Dahria, " Jurnal SAINTIKOM," Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi, vol. X no. 3, pp. 199-205, 2016.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS ANDROID," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

P. S. Ramadhan and S. Nurarif, "Penerapan Teorema Bayes Untuk Mediagnosa Defisiensi Imun," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. XIV, no. 2, pp. 103-110, 2019.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

B. and D. W. Pratama, "Penerapan Teorema Bayes Dalam Sistem Pakar Untuk Konsultasi Siswa Bermasalah," JUTISI, vol. VI, no. 2, p. 1449 – 1588 , 2017.

Downloads

Published

2020-09-30

URN