Implementasi Data Mining Dalam Mengestimasi Tingkat Pengiriman Produksi Flake Pada PT. Hilon Talun Kenas-Patumbak Deli Serdang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Marsha Ulina Br Napitupulu
  • Badrul Anwar
  • Yohanni Syahra

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.4714

Abstract

Flake merupakan salah satu hasil produksi bahan baku yang diolah dari limbah botol plastik bekas, oleh PT. Hilon Talun Kenas-Patumbak Deli Serdang. Ketidakteraturan dalam produksi, pemesanan, dan pengiriman produksi menjadi masalah yang sering terjadi pada sistem perdagangan flake ini. Hal ini menjadikan PT Hilon kesulitan dalam pendataan untuk jumlah stock produksi sekaligus untuk jumlah pengiriman produksi. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada PT. Hilon Talun Kenas-Patumbak Deli Serdang tersebut dapat diterapkan aplikasi Data Mining. Data Mining merupakan kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pemakaian historis data, baik dalam set ukuran data besar maupun kecil. Estimasi Pengiriman produksi Flake menjadi fokus pembahasan penelitian. Dimana untuk mengestimasi atau memprediksi pengiriman produksi digunakan sebagai ajuan dalam pengambilan keputusan dimasa mendatang. Untuk mengestimasi pegiriman produksi flake diperlukan suatu metode yaitu algoritma Regresi Linier Berganda. Regresi Linier Berganda bekerja dengan cara memperoleh hasil proses prediksi pada program dari hasil perhitungan pada variabel Y, X1, X2, dan seterusnya. Hasil perhitungan program ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memprediksi tingkat pengiriman, pemesanan, sekaligus produksi pada bahan baku Flake dimasa yang akan datang. 

Author Biographies

Marsha Ulina Br Napitupulu

Sistem Informasi

Badrul Anwar

Sistem Komputer

Yohanni Syahra

Sistem Informasi

References

P. S. Ramadhan and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 55–61, 2019.

T. Syahputra, J. Halim, and K. Perangin-angin, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi ( UKOM ) Bidan Pada STIKes Senior Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†Sains dan Komput., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2018.

D. M. Rahmah, F. Rizal, and A. Bunyamin, “Model Dinamis Produksi Jagung di Indonesia,†J. Teknotan, vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.24198/jt.vol11n1.4.

S. Sulistyono and W. Sulistiyowati, “Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda,†PROZIMA (Productivity, Optim. Manuf. Syst. Eng., vol. 1, no. 2, p. 82, 2018, doi: 10.21070/prozima.v1i2.1350.

H. Jaya, R. Gunawan, and R. Kustini, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Target Produksi Berdasarkan Tingkat Penjualan Dan Banyaknya Pemesanan Produk Pada Pt . Neo National Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 18, no. 2, 2019.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN